Jambi (ANTARA News) - Angin puting beliung, Minggu sore melanda Desa Pendung Tengah, Kecamatan Setinjau Laut, Kabupaten Kerinci, memporak-porandakan sedikitnya 24 unit rumah penduduk.

"Angin puting beliung tiba-tiba menyerang desa Pendung Tengah itu dan memporak-porandakan sedikitnya 24 rumah. Kejadian tiba-tiba tersebut sangat mengejutkan warga setempat," kata Kades Pendung Tengah, Ahmadi, saat dihubungi di Kerinci, Minggu.

Lebih jauh dia menjelaskan kejadian tiba-tiba tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB hingga 16.00 WIB selama belasan menit, sehingga mengakibatkan cukup banyak rumah warga yang tersapu.

"Tapi dari sekian banyak rumah yang terkena itu hanya beberapa saja yang benar-benar telah robuh atau rusat berat," terang Ahmadi.

Dikatakannya, kejadian tersebut langsung dilaporkan ke pihak kecamatan ke pemkab agar segera ditindak lanjuti penanganannya oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Selain merusak rumah warga angin puting beliung tersebut juga sampai merusak beberapa unit fasilitas publik seperti gedung serbaguna dan bangunan, sekolah serta masjid, namun kondisinya tidak terlalu parah kecuali gedung serba guna.

Saat ini, terangnya, korban sudah diungsikan ke tempat-tempat aman atau rumah-rumah penduduk di desa tetangga, guna pemulihan psikologis dan mendapat penanganan medis dari tim kesehatan bagi yang mengalami cedera.

"Beruntungnya hingga saat ini tidak didapati ada korban jiwa dari kejadian yang sangat mendadak itu," tegas Ahmadi.(*)

(ANT-144/Y008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011