Probable kasus varian Omicron di Kota Palu ini sudah 62 orang dari total sampel yang dikirim
Kota Palu (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Palu menyatakan bahwa sebanyak 62 orang warga di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah itu terkonfirmasi positif COVID-19 probable varian Omicron.

“Probable kasus varian Omicron di Kota Palu ini sudah 62 orang dari total sampel yang dikirim,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Palu, Ilham, Jumat di Palu.

Menurut dia penyebaran COVID-19 varian Omicron ini lebih cepat dibandingkan varian lainnya. Tidak hanya itu, menurutnya perkembangan kasus positif COVID-19 Kota Palu juga naik signifikan.

“Kita tau kalau Omicron itu salah satu sifatnya begitu cepat menularnya, nah kalau kita liat kasus ini perkembangannya juga cepat,” katanya.

Melihat peningkatan kasus COVID-19 yang signifikan di Kota Palu, serta penyebaran varian Omicron yang begitu cepat, Dinkes mengimbau kepada seluruh masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan, apalagi saat berpergian ke luar rumah.

“Oleh karenanya mari kita sama sama saling bahu membahu terutama melaksanakan, mematuhi, menaati dari pada protokol kesehatan dengan 5 M, dan menyukseskan vaksinasi di Kota Palu, itu yang paling penting,” katanya,

Ia juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar segera mendatangi fasilitas kesehatan (faskes), apabila sakit dengan gejala COVID-19.

“Mari kunjungi faskes terdekat supaya kita sama sama mengatasinya, jadi ini memang perlu sinergi,” katanya.

Data terakhir, per 17/02, kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Palu berjumlah 508 orang. Ratusan orang tersebut dirawat di sejumlah rumah sakit dan melakukan isolasi mandiri, demikian Ilham.

Baca juga: Pelajar positif COVID-19, 15 sekolah di Palu-Sulteng ditutup

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kota Palu meningkat drastis

Baca juga: Sembilan kasus Omicron sudah masuk di Kota Palu

Baca juga: Kasus kumulatif terkonfirmasi COVID-19 di Sulteng capai 47.408 kasus

 

Pewarta: Kristina Natalia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022