Sejumlah dosis vaksin tersebut, 834 ribu untuk dosis 1 dan 2, serta 280 ribu sekian untuk dosis ketiga
Magelang (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 secara Serentak yang diselenggarakan Kepolisian Republik Indonesia di sejumlah daerah menargetkan penyaluran 1.114.750 dosis vaksin, kata Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Sejumlah dosis vaksin tersebut, 834 ribu untuk dosis 1 dan 2, serta 280 ribu sekian untuk dosis ketiga," kata Kapolri usai meninjau Vaksinasi Serentak Polri di Museum Kapal Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Menurut dia, kegiatan vaksinasi dipilih di Museum Kapal Borobudur karena wilayah Borobudur merupakan destinasi wisata dengan interaksi tinggi.

Baca juga: Kapolri paparkan 3 strategi hadapi lonjakan COVID-19 varian Omicron

Oleh karena itu, pihaknya mendorong percepatan vaksinasi betul-betul bisa dilaksanakan dengan baik.

"Hal ini dilakukan untuk menghadapi varian baru Omicron yang saat ini terus meningkat dan memang di wilayah Jawa Tengah juga terjadi peningkatan," katanya.

Ia menyebutkan dari kasus minggu lalu yang angkanya di sekitar 2.000 kasus harian, pada 17 Februari 2022 sudah masuk di angka 4.000 kasus harian.

Baca juga: Kapolri: Percepatan vaksinasi anak jaga generasi penerus bangsa

"Hal ini menjadi perhatian kita semua dan sesuai dengan arahan Presiden bahwa kita harus melakukan akselerasi vaksinasi yang tentunya diikuti dengan penegakan dan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan," katanya.

Ia menyebutkan pelaksanaan vaksinasi di Jateng hari ini dengan target minimal 35.000 dan diharapkan bisa mencapai 38.000 dosis dengan prioritas untuk lansia dan anak-anak yang juga prioritas sehingga perlu ditingkatkan.

"Tingkat angka kematian memang rata-rata tertinggi ada di kelompok lansia. Oleh karena itu, hal ini yang kita minta untuk didorong, tentunya dengan strategi-strategi apakah itu 'mobile' atau 'door to door' kalau memang warga tidak bisa datang ke gerai vaksinasi yang ada," katanya. 

Baca juga: Presiden Jokowi apresiasi capaian vaksinasi di Jawa Tengah

Baca juga: RST Magelang selenggarakan vaksinasi untuk 1.000 anak usia 6-11 tahun

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022