Jakarta (ANTARA News) - Produsen chip komputer terkemuka Intel Corp mengatakan bahwa tiga produsen komputer --Lenovo, Asustek dan Acer-- akan meluncurkan tiga kategori notebook terbaru pada tiga dan empat kuartal nanti.

Intel, seperti dikutip Reuters, menyebutkan harga produk barunya itu ditaksir akan di bawah 999 dolar AS sampai kuartal keempat.

Intel Capital yang menjadi lengan bisnis investasi global Intel, akan membenamkan dana 300 juta dolar AS bagi pengembangan perangkat keras dan teknologi piranti lunak untuk kategori baru PC yang dikenal dengan Ultrabook.

"Kami tengah bekerja sangat keras untuk membumikan Ultrabook...harganya akan terus turun ," kata Erik Reid, General Manajer Intel bidang platform mobile dalam sebuah konferensi di Taipei, Kamis.

Ultrabook yang diluncurkan Intel akhir Mei lalu, akan tipis namun dibundel oleh prosesor berkinerja hebat.

Reid mengatakan Ultrabook juga akan menyasar pasar perusahaan lewat kerjasama dengan para mitra seperti Dell dan HP untuk meluncurkan notebook.

Intel yang berbasis di Santa Clara, California, bertekad menciptakan laptop yang lebih atraktif bagi konsumen melebihi iPad buatan Apple dan gadget mobile lainnya. (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011