Dalam kegiatan PSP dari provinsi ini ada tiga kegiatan, anggaran masing-masing kegiatan ini disalurkan melalui kelompok tani. Selanjutnya kelompok tani mengerjakannya secara swadaya seperti gotong-royong, tetapi untuk membeli bahan dan upah kerja di
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan daerah itu pada tahun ini akan mendapatkan bantuan prasarana dan sarana pertanian dari pemerintah provinsi setempat.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Zulkarnain saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan bantuan ini akan diberikan Pemprov Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) guna mendukung peningkatan produksi pertanian di wilayah itu.

"Dalam kegiatan PSP dari provinsi ini ada tiga kegiatan, anggaran masing-masing kegiatan ini disalurkan melalui kelompok tani. Selanjutnya kelompok tani mengerjakannya secara swadaya seperti gotong-royong, tetapi untuk membeli bahan dan upah kerja di situ sudah dimasukan," kata dia.

Dia menjelaskan tiga jenis kegiatan yang disalurkan ke Kabupaten Rejang Lebong ini diantaranya ialah pembangunan embung air di dua titik, pengairan sistem perpipaan satu titik dan jaringan irigasi tersier (JIT) sebanyak 10 titik.

"Untuk pengairan sistem perpipaan ini lokasinya belum ketemu dan masih dilakukan survei. Pengairan sistem perpipaan ini untuk mengairi tanaman hortikultura," katanya.

Sebelum usulan bantuan ini diajukan ke Pemprov Bengkulu, kata dia, terlebih dahulu dilakukan survei oleh pihaknya bersama dengan petugas dari Provinsi Bengkulu, karena terkadang ada usulan dari kelompok tani yang dibuat dan ajukan namun saat diperiksa tidak memenuhi syarat dari sisi luasan yang terkena dampaknya sehingga tidak bisa diajukan.

Menurut dia, bantuan sarana dan prasarana pertanian ke DTPHP Provinsi Bengkulu ini nilainya mencapai Rp1 miliar masing-masing jenis kegiatan nilainya Rp75 juta baik untuk pembangunan embung air, JIT maupun irigasi sistem perpipaan.

Dia berharap bantuan sarana dan prasarana ini nantinya bisa terealisasi dengan baik sehingga bisa meningkatkan produksi pertanian yang dihasilkan Kabupaten Rejang Lebong seperti padi, palawija dan jenis hortikultura lainnya.

Baca juga: Pertanian hidroponik di Rejang Lebong menjanjikan

Baca juga: Balitbangtan dukung pengembangan jeruk RGL di Rejang Lebong

Baca juga: Ratusan mahasiswa dari 34 PT pelajari dunia pertanian Rejang Lebong

 

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022