Jakarta (ANTARA) -- Di masa pandemi seperti saat ini, Pembayaran QRIS atau yang menggunakan metode scan barcode menjadi semakin diminati karena pertimbangan praktis dan higienis. 

Sebelum terdapat QRIS, setiap aplikasi pembayaran digital yang tersedia di Indonesia mempunyai kode QR sendiri. Sebagai contoh, jika Anda ingin menggunakan 5 aplikasi pembayaran digital maka terdapat 5 jenis kode QR yang harus Anda miliki. Hal tersebut tentu akan merepotkan.

Dengan berbagai kemudahannya tersebut, QRIS banyak diminati masyarakat dan menjadi primadona sehingga tidak heran jika penggunaan QRIS naik sebesar 13%. 

Salah satu alasan kenaikan penggunaan metode pembayaran ini adalah karena kemudahan yang diberikan. Selain itu, juga terdapat beberapa keuntungan lainnya. 

Pertama, proses transaksi pembayaran jadi lebih mudah. Hanya perlu satu kode QR untuk dapat melayani berbagai macam aplikasi pembayaran digital yang tersedia di Indonesia. Dengan demikian, Anda dapat menghemat ruang di toko dan menatanya dengan rapi karena tidak perlu menampilkan banyak kode QR secara berjejer. 

Kedua, mencegah peredaran uang palsu. Dengan kode pembayaran digital, seperti QRIS, tidak akan ada lagi pertukaran uang tunai sehingga meminimalisasi risiko beredarnya uang palsu, begitu pun untuk mencegah penyakit yang dapat ditularkan melalui sentuhan langsung seperti di masa pandemi Covid-19. 

Ketiga, pendaftaran toko atau merchant menjadi lebih mudah. Tanpa QRIS, Anda akan direpotkan dengan pendaftaran merchant pada berbagai aplikasi pembayaran digital. Namun, dengan QRIS, hanya satu kali mendaftar, Anda bisa menerima pembayaran digital melalui berbagai aplikasi mobile banking dan e-wallet. Hal tersebut tentu sangat praktis dan lebih hemat waktu. 

Keempat, alternatif pembayaran yang semakin beragam.Saat ini, masyarakat cenderung memilih transaksi pembayaran digital, baik itu ketika belanja secara online maupun offline. Banyak juga yang akhirnya memilih cashless dan merasa kesulitan jika harus membayar belanjaan dengan menggunakan uang cash. 

Bagaimana Jika Ingin Menggunakan QRIS di Toko Online Anda? 

Anda yang ingin menerima pembayaran dari QRIS pada online shop ataupun toko Anda, tidak perlu bingung karena caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu mengintegrasikan toko Anda dengan payment gateway Indonesia yang mana dapat membantu untuk menerima pembayaran menggunakan metode QRIS. 

Selain itu, ada tambahan manfaat dengan menggunakan payment gateway di toko online Anda. Anda tidak perlu melakukan pengecekan manual untuk setiap transaksi pembayaran di toko online Anda. Payment gateway akan memunculkan QRIS berbeda untuk setiap transaksi Anda sehingga saat transaksi itu dibayarkan, sistem akan langsung mendeteksi pembayaran dan memberikan sinyal bahwa transaksi telah berhasil diselesaikan. Pencatatan juga akan menjadi lebih rapi. 

Pastikan     yang Anda pilih aman dan mempunyai izin dari Bank Indonesia, seperti Duitku. Dengan adanya dukungan dari Duitku, Anda akan dapat menikmati berbagai macam kemudahan untuk semua transaksi bisnis. Selain QRIS, pembeli juga dapat membayarkan melalui kartu kredit, transfer bank, gerai retail, credit payment, dan banyak lainnya.

Selain itu, tidak perlu khawatir dengan layanan ini karena Duitku sudah resmi memenuhi standar keamanan internasional. Jadi, dijamin dengan menggunakan Duitku, semua transaksi bisnis Anda akan semakin mudah, cepat, dan juga nyaman.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022