Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Tingkat I R. Said Sukanto atau RS Polri Kramat Jati, Jakarta, berkolaborasi dengan tim dokter spesialis dari sejumlah rumah sakit untuk pengobatan Sinta Aulia Maulidiyah (10), anak penderita tumor kaki yang mendapatkan atensi khusus dari Kepala Polri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Kepala Rumah Sakit Polri Brigjen Pol. Asep Hendradiana di Jakarta, Senin, menyebutkan ada empat rumah sakit di DKI Jakarta yang akan berkolaborasi merawat Sinta Aulia, yakni RS Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, RS Kanker Dharmais dan RS Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam.

"Tim dokter RS Polri R. Said Sukanto akan berkolaborasi dengan tim dokter spesialis, baik dari RSCM, RSPAD, RS Kanker Dharmais dan RMCC Siloam, untuk mencari upaya pengobatan terbaik," kata Asep saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Selain mendapatkan atensi dari Listyo Sigit Prabowo, kondisi Sinta Aulia juga mendapat perhatian dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, yang menginstruksikan RS Kanker Dharmais untuk ikut terlibat dalam kolaborasi tersebut.

"RS Kanker Dharmais (atas) atensi Bapak Menkes RI," katanya.

Asep menekankan Listyo Sigit Prabowo akan membantu seluruh upaya pengobatan dan perawatan Sinta Aula, yang berdasarkan observasi menderita tumor pada paha kiri

"Bapak Kapolri akan membantu semua upaya pengobatan dan perawatan pada Ananda Sinta Aulia," tukasnya.

Selama masa pengobatan dan perawatan, Sinta Aulia juga akan mendapatkan pendampingan dari psikolog anak RS Polri.

"Pendampingan ini untuk edukasi Sinta Aulia dan keluarga," tambahnya.

Sinta Aulia merupakan putri pertama Muhlisin, seorang petani asal Desa Samaran, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.

Listyo Sigit Prabowo mengirimkan helikopter untuk menjemput Sinta Aulia di Rembang dan diterbangkan ke RS Polri Kramat Jati, pada Sabtu (19/2), guna menjalani perawatan medis.

Sebelumnya, mantan Listyo Sigit melakukan panggilan video bersama Sinta Aulia dan ibunya. Sigit mengatakan pihaknya mendapatkan informasi tentang Sinta Aulia dari masyarakat dan langsung menindaklanjutinya.

Kondisi Sinta Aulia sempat viral di media sosial, setelah video dirinya menggunakan seragam polisi cilik dan menaruh foto Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di sampingnya.

Dalam video tersebut, Sinta Aulia meminta bantuan Listyo Sigit Prabowo untuk mengobatinya agar dia bisa mewujudkan cita-citanya menjadi polisi wanita.

Baca juga: RS Polri Kramat Jati kerahkan dokter spesialis tangani Sinta Aulia
Baca juga: Kapolri kunjungi anak penderita tumor kaki di RS Polri
Baca juga: Kapolri bantu pengobatan Sinta Aulia penderita tumor asal Rembang


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022