Jakarta (ANTARA) - Jenama produk minuman asal Taiwan, Chatime, mengajak masyarakat mendukung industri makanan dan minuman yang lebih berkelanjutan dengan cara mendaur ulang sampah plastik lewat program CommuniTEA.

Dalam program itu, Chatime yang berada di bawah naungan PT Foods Beverages Indonesia (Kawan Lama Group) mendorong masyarakat terlibat dalam #GerakanSapuPlastik, di mana Chatime akan bekerja sama dengan gerakan sosial berbasis platform digital bernama Plastic Pay. 

“Chatime CommuniTEA merupakan salah satu wujud program keberlanjutan Chatime Indonesia dalam mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dari PBB, terutama tujuan nomor 12 dan 17 yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, dan kemitraan untuk mencapai tujuan,” kata Business Director PT Foods Beverages Indonesia Devin Widya Krisnadi dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: Chatime kolaborasi dengan Sasa hadirkan "milk tea"rasa pedas


Masyarakat khususnya pembeli produk Chatime dapat mendaur ulang gelas Chatime sehingga menjadi barang bernilai jual melalui dropbox yang pada tahap pertama akan tersedia di 10 gerai Chatime dan 5 titik area publik di Jakarta dan Tangerang.

Termasuk di antaranya Chatime Central Park Mall, Chatime Living Plaza Bintaro, Chatime Atealier Living World Alam Sutera, Chatime Stasiun Gambir, Chatime Lippo Mall Kemang, dan area publik di Stasiun MRT Dukuh Atas, dan masih banyak lagi.

Masyarakat yang membeli produk Chatime bisa langsung memasukkan bekas gelas minuman mereka ke dropbox tersebut. Gelas Chatime yang terkumpul nantinya akan dihancurkan menjadi butiran, lalu diproses menjadi Recycled Polyester Staple Fiber (Re-PSF), bahan kain fiber daur ulang ramah lingkungan berkualitas tinggi.

Lalu Re-PSF tersebut akan disalurkan ke UMKM untuk dikreasikan menjadi berbagai macam produk hasil daur ulang berkualitas tinggi, mulai dari tas, dompet, sajadah, hingga tempat tidur peliharaan.

“Kami senang bisa bermitra dan kami sangat mendukung inisiatif baik dari Chatime melalui #GerakanSapuPlastik. Karena melalui kegiatan ini, kita tidak hanya akan mengurangi sampah plastik, namun juga membantu memberdayakan UMKM lokal," kata CEO PlasticPay Suhendra Setiadi.

Selain #GerakanSapuPlastik, Chatime juga berkomitmen untuk terus menghadirkan inisiatif-inisiatif berkelanjutan lainnya melalui Chatime CommuniTEA seperti menawarkan alternatif kemasan ramah lingkungan yang akan segera diimplementasikan, dan menggandeng para pelanggan melalui komunitas eco-friendly Chatime CommuniTEA.

Nantinya, melalui komunitas Chatime CommuniTEA, pelanggan akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan dalam pelestarian lingkungan, pendidikan, dan pengembangan komunitas.

“Kami harap dengan dijalankannya Good Initiatives melalui program Chatime CommuniTEA, menjadi langkah awal menuju tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, sehingga terwujud kehidupan yang lebih baik bagi generasi-generasi mendatang,” tutup Devin.

Baca juga: Chatime gandeng BT21 rilis "Purple Star" Series meriahkan akhir tahun

Baca juga: Konsep baru Chatime Kios gerai minimalis yang ramah lingkungan

Baca juga: "Dalgonana" hasil kolaborasi Chatime & karakter Minions

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022