Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial menargetkan penuntasan penyaluran bantuan sosial (bansos) program Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur dalam waktu tiga hari.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan penyandang kartu keluarga sejahtera (KKS) yang belum menerima BPNT tahun 2021 sebanyak 5.805 penerima.

“Yang belum tersalur, Mudah-mudahan tiga hari ini bisa dituntaskan selesai dalam waktu tiga hari,”ujar Risma saat kunjungan kerja di Desa Bantaran Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Risma mengatakan jika penyaluran bansos BPNT tidak selesai, uangnya akan kembali ke negara. Sehingga, ia turun langsung untuk memastikan bansos bisa diterima langsung oleh penerima manfaat (PM).

Baca juga: Mensos Risma pastikan BPNT 2022 dapat dicairkan secara tunai

Baca juga: PM bansos keluarga muda di bawah 40 tahun dilatih kewirausahaan


Risma pun menjanjikan pengawasan ketat untuk penyaluran bansos di Kabupaten Probolinggo dengan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri, menindaklanjuti laporan adanya dugaan pungutan liar (pungli) bansos.

Dalam kesempatan yang sama, Risma mendorong warga muda di Kabupaten Probolinggo untuk mengikuti program pemberdayaan Kementerian Sosial.

Kementerian Sosial akan menyiapkan modal untuk para warga mendirikan usaha agar bisa mandiri, dan tidak mengandalkan bansos yang hanya senilai Rp200 ribu per bulan.

Total KKS di Kabupaten Probolinggo yaitu sebanyak 7.770 penerima. Per tanggal 20 Februari 2022, KKS yang sudah tersalur sebanyak 1.835 penerima dan belum tersalur sebanyak 5.925 penerima.

KKS belum tersalur sebanyak 5.925 penerima karena ada 5.805 penerima yang tidak hadir, dan 120 KKS merupakan data ganda, sudah mampu, meninggal tanpa ahli waris, pindah alamat dan tidak ditemukan.

Kemensos terus mendorong percepatan pencarian bansos BPNT secara tunai, bermitra dengan PT Pos Indonesia sebagai instansi penyalur.

Baca juga: Kemensos masukkan kelompok rentan penerima BPNT PPKM ke reguler

Baca juga: Mensos Risma saksikan pencairan Bansos PKH dan BPNT di Sintang Kalbar

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022