Bekasi (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memastikan kondisi lintasan mudik lebaran mulai dari Bekasi hingga perbatasan Jawa Tengah dalam kondisi layak.

"Jalur alternatif menuju Pantura di Jawa Barat ada 15 lokasi. Semuanya dalam kondisi layak dan baik," katanya usai menjadi narasumber di Radio Dakta, Jalan Agus Salim, Bekasi, Minggu.

Menurut Ahmad, jumlah pemudik yang akan melintasi Jabar terutama sepeda motor diprediksi meningkat 7,5 persen, sedangkan penggunaan mobil diperkirakan meningkat 6,6 persen dari tahun sebelumnya.

"Saya mengimbau agar para pemakai jalur mudik taat pada rambu dan peraturan lalu lintas. Misalnya, kendaraan sepeda motor dipakai tidak melebihi dua orang," ujarnya.

Ahmad menambahkan, pada musim mudik sering terjadi kecelakaan sepeda motor dikarenakan muatan yang melebihi ketentuan dan kondisi pengendara yang mengantuk akibat lamanya perjalanan mudik.

"Hal itu perlu kita waspadai," ujarnya.

Ahmad juga mengimbau kepada seluruh kepala daerah di masing-masing daerah agar mulai melakukan pembenahan rambu dan perbaikan jalan agar memperlancar arus mudik.(*)

(T.KR-AFR/S023)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011