Hong Kong (ANTARA) - Pemerintah Hong Kong pada Senin mengonfirmasi bahwa gelembung vaksin mereka akan diperluas hingga mencakup pusat perbelanjaan dan pasar swalayan, saat otoritas memerangi rekor lonjakan kasus baru COVID-19.

Akan tetapi, sejumlah pengecualian dan inspeksi acak akan dilakukan di sejumlah lokasi.

Wabah virus corona telah membebani fasilitas kesehatan di pusat bisnis global tersebut sehingga menambah tekanan terhadap pemerintah.

Otoritas mencatat 7.533 kasus dan 13 kematian harian COVID, seorang di antaranya adalah bayi berusia 11 bulan.

Saat sebagian besar kota belajar untuk hidup berdampingan dengan virus corona, Hong Kong memberlakukan pembatasan ketat.

Baca juga: 150.000 paket obat tradisional dari China Daratan tiba di Hong Kong

Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa melawan penyakit itu adalah "misi utama" wilayah tersebut.

Kebijakan "nol-COVID dinamis" Hong Kong, yang mencontoh kebijakan di China daratan, ikut andil dalam kesengsaraan dan tidak berkelanjutan, menurut sejumlah ahli.

Pemerintah akan meluncurkan "paspor vaksin" pada Kamis. Dengan paspor yang dianggap kontroversial itu, hanya penerima vaksin yang dapat mengunjungi sejumlah tempat publik seperti pasar swalayan dan kelab. Segelintir kritikus menganggap langkah itu menimbulkan masalah privasi.

Rencana tersebut mengharuskan semua orang yang berusia 12 ke atas untuk mendapatkan sedikitnya satu dosis vaksin untuk memasuki tempat tertentu, kecuali orang-orang yang dikecualikan oleh medis.

Baca juga: Dibantu China, Hong Kong perangi COVID-19 "habis-habisan"

"Membawa kartu vaksin adalah hal yang wajar untuk dilakukan," kata wakil menteri kesehatan dan pangan Kevin Choi.

Skema tahap akhir pada Juni akan mengharuskan orang-orang berusia 18 tahun ke atas untuk mendapatkan dosis ke-3 vaksin COVID, kata otoritas.

Rumah sakit umum di Hong Kong sangat kewalahan. Tingkat keterisian ranjang perawatan melebihi 95 persen saat mereka berjuang untuk mengatasi lonjakan pasien, termasuk kaum lansia, yang banyak menolak untuk divaksin.

Gelombang kelima COVID ini mengerikan dan pemerintah harus menganggarkan dana yang cukup untuk membantu warga negara dan usaha, kata Menteri Keuangan Paul Chan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Perangi COVID-19, Hong Kong tambah fasilitas isolasi
Baca juga: Akibat COVID belum reda, Hong Kong tunda pemilu

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022