Paris (ANTARA) - Menteri luar negeri Prancis Jean-Yves Le Drian dan Menlu Rusia Sergei Lavrov akan bertemu di Paris pada Jumat (25/2) untuk membahas krisis di Ukraina, kata kementerian luar negeri Prancis pada Senin (21/2).

Pertemuan itu akan berlangsung asalkan tidak ada serangan Rusia ke Ukraina yang terjadi selama tenggat waktu sebelum hari pertemuan.

Menlu Rusia telah menerima undangan dari Menlu Prancis, kata pihak Kemenlu Prancis dalam sebuah pernyataan.

Pertemuan itu akan melibatkan "konsultasi persiapan" menjelang kemungkinan pertemuan tingkat tinggi antara Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin, menurut Kemenlu Prancis.

Sebelumnya, kantor Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan Biden dan Putin pada prinsipnya telah menyetujui pertemuan tingkat tinggi untuk membahas mengenai Ukraina.

Pertemuan antara Biden dan Putin itu dapat menawarkan kemungkinan jalan keluar dari salah satu krisis Eropa paling berbahaya dalam beberapa dasawarsa.

Militer Rusia pada Senin (21/2) mengatakan bahwa para penyabot Ukraina telah mencoba memasuki wilayah Rusia dengan kendaraan bersenjata.

Tuduhan militer Rusia itu ditepis oleh Kiev dan disebut sebagai "berita palsu" di tengah tuduhan Barat bahwa Moskow hanya membuat dalih untuk menyerang Ukraina.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022