Jakarta (ANTARA) - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah menerbitkan buku saku berjudul "Taktis Praktis Antisipasi Gelombang Ketiga COVID-19/Omicron" untuk memberikan informasi kepada masyarakat seputar COVID-19 khususnya varian Omicron.

"Atas kerja sama empat instansi pemerintah yaitu Kementerian Kesehatan, KPC-PEN, Satgas COVID-19 dan Kominfo, pada hari ini tanggal 22 Februari 2022 telah dirilis buku saku COVID-19 untuk masyarakat yang berisi informasi terkini seputar COVID-19 khususnya varian Omicron, alur penanganan COVID-19 yang perlu dipahami masyarakat dan cara memeriksa dan membuktikan hoaks COVID-19 yang tersebar di masyarakat," kata dia dalam Konferensi Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Indonesia yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan rilis buku saku ini bertujuan mendorong peran serta masyarakat untuk mengambil tindakan yang tepat dalam mengantisipasi gelombang ketiga COVID-19 di Indonesia.

"Perilisan buku saku ini didasari kesadaran pemerintah akan pentingnya peran serta masyarakat untuk mengambil tindakan yang tepat dalam mengantisipasi gelombang ketiga COVID-19 di Indonesia," katanya.

Wiku berharap, buku saku ini dapat melengkapi buku saku terkait dengan COVID-19 yang telah beredar sebelumnya.

"Buku saku ini akan lebih banyak berfokus pada penanganan COVID-19 dan melengkapi buku saku lainnya terkait pencegahan COVID-19 yang sudah dirilis oleh Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19," katanya.

Masyarakat dapat mengakses buku saku ini secara digital melalui situs resmi www.covid19.go.id, seluruh media sosial resmi penanganan COVID-19 milik pemerintah atau melalui microsite s.id/infovaksin bersama dengan informasi penting lainnya terkait COVID-19.

Baca juga: Kasus COVID-19 luar Jawa Bali terus meningkat
Baca juga: Satgas: Tekan kasus sehingga kematian akibat COVID-19 tidak bertambah
Baca juga: Satgas: WHO beri target COVID-19 selesai tahun depan

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022