Surabaya (ANTARA News) - Dosen Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof. Peter Mahmud Marzuki, meluncurkan buku pedoman hukum bisnis dalam bentuk Bahasa Inggris berjudul "An Introduction to Indonesian Law", Selasa.

"Buku ini diharapkan menjadi referensi para praktisi hukum maupun mahasiswa serta dijadikan acuan bagi praktisi hukum asing untuk mengetahui bagaimana hukum di Indonesia," katanya ketika ditemui di sela peluncuran buku itu di Surabaya, Selasa.

Peter yang juga guru besar tersebut mengaku, menulis buku itu untuk menyumbangkan pikiran terhadap dunia hukum di Indonesia, terutama memahami hukum bisnis.

"Selama ini hanya sedikit praktisi hukum yang memahami hukum bisnis, terutama menyangkut dengan orang asing. Selain itu masih sedikit pengacara yang bisa membuat kontrak dengan asing," katanya.

Buku tersebut juga mengupas persoalan sengketa hukum bisnis, salah satunya sengketa hukum antara Prita Mulyasari dengan RS Omni International.

"Artinya, buku ini mengupas kasus-kasus terbaru yang tidak ada di buku sebelumnya," katanya.

Peter yang kelahiran Surabaya itu bertekad menulis buku usai berjalan-jalan ke Melbourne, Australia, pada 1995. Ia membaca buku hukum di Asia dan menemukan satu buku karangan Gautama Sudargo, seorang guru besar berasal dari Universitas Indonesia. Namun buku itu sangat lama atau sejak sekitar 1970 dan ditulis sebelum ada Amendemen UUD 1945.

Vice President Zaidun and Partner`s yang sekaligus penerbit buku, Ansharul, mengatakan, pada terbitan perdana buku itu pihaknya mencetak 1.000 eksemplar.

Jumlah tersebut rencananya akan dikirimkan ke berbagai kampus dan beberapa buku ke "Washington Library".

"Harapannya sama seperti yang dicita-citakan penulis, yakni buku ini dapat dijadikan acuan orang luar negeri untuk mempelajari hukum Indonesia," katanya.

Buku setebal 292 halaman yang terbagi menjadi lima bab itu merupakan buku ketiga yang ditulis Peter. Akademisi yang juga dosen hukum di Universitas Jember itu sebelumnya menulis dua buku hukum yang menjadi panduan mata kuliah hukum di beberapa universitas.
(ANT-165/M029)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011