Jakarta (ANTARA) - Persebaya Surabaya mematahkan tren positif tak terkalahkan Arema FC dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu malam, lewat gol tunggal Samsul Arif Munip yang mengakhiri rekor tak terkalahkan Singo Edan dalam 23 laga terakhir.

Arema langsung menggempur Persebaya lewat tandukan Hanif Syahbandi yang memanfaatkan tendangan pojok, tetapi bisa ditangkap kiper Ernando Ari.

Pada menit ke-15, Singo Edan kembali mendapat peluang lewat Ryan Kurnia, tetapi tembakan jarak jauhnya diredam kiper Persebaya.

Lima menit berselang, Persebaya ganti menyerang lewat Muhammad Hidayat yang mengirimkan umpan silang ke depan gawang Arema, tetapi langsung diamankan kiper Adilson Maringa.

Pada menit ke-35, Persebaya kehilangan Ricky Kambuaya yang ditarik keluar lapangan karena cedera.

Arema FC mencetak gol pada menit ke-36, tetapi dianulir karena Muhammad Rafli offside sebelum membobol gawang Persebaya.

Menjelang babak pertama berakhir, Bajul Ijo mendapatkan tendangan pojok yang dieksekusi apik oleh Taisei Marukawa, tetapi tak dimaksimalkan Mohamed Alie Sesay.

Baca juga: Persik Kediri amankan tiga poin usai kalahkan Persiraja Banda Aceh 2-0

Pada babak kedua, Persebaya semakin agresif dengan memasukkan Samsul Arif dan Supriadi yang menggantikan Arsenio Vaalport dan Muhammad Hidayat.

Samsul menerobos lini bertahan Arema pada menit ke-63 dan mengirimkan umpan silang ke arah gawang Arema tetapi tak terjangkau Supriadi.

Pada menit ke-64, Persebaya mendapatkan kesempatan mencetak gol, namun Taisei memilih eksekusi tendangan sendiri dan melambung, padahal Samsul sudah dalam posisi lapang.

Arema memiliki sejumlah peluang, salah satunya lewat tendangan keras Rizky Dwi ke arah gawang pada menit ke-70 dan akhirnya gawang Arema jebol pada menit ke-78 ketika aksi individu Samsul melewati empat pemain belakang Arema untuk kemudian mengubah kedudukan 1-0.

Berawal dari umpan jauh, eks pemain Arema Chronus itu mengontrol bola menembus benteng pertahanan Arema FC dan langsung melesakkan tendangan tanpa bisa dihentikan Adilson.

Arema berupaya membalas tetapi tak bisa menembus pertahanan Persebaya, bahkan harus bermain dengan 10 pemain setelah Bagas Adi Nugroho mendapat kartu merah karena menyikut Samsul Arif.

Kemenangan ini membuat  Persebaya yang berada pada peringkat kelima klasemen Liga 1 meramaikan persaingan di papan atas dengan mengantongi 51 poin, sedangkan Arema masih di puncak klasemen dengan selisih empat poin dari Persebaya.

Baca juga: Bruno Matos bawa Barito Putera tahan imbang Persija 1-1

Susunan pemain kedua timn:

Persebaya Surabaya: 
Ernando Ary Sutariyadi; Ady Setiawan, Alie Sesay, Reva Adi Utama, Rizky Ridho, Alwi Slamat, M Hidayat, Ricky Kambuaya, Arsenio Valpoort, Bruno Moreira, Taisei Marukawa.

Pelatih: Aji Santoso.

Arema FC: Adilson Maringa; Bagas Adi Nugroho, Hanif Syahbandi, Johan Alfarizi, Sergio Silva, Hamzah Tito, Jayus Hariono, Renshi Yamaguchi, Rizky Dwi Febrianto, Kushedya Hari Yudo, Ryan Kurnia.

Pelatih: Eduardo Almeida.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022