Namun intinya adalah kami akan belajar menguasai platform teknologi mRNA ini, untuk jenis vaksin selain COVID-19 (beyond COVID-19), dan untuk persiapan manakala terjadi pandemi, ....
Jakarta (ANTARA) - Induk Holding BUMN Farmasi, Bio Farma akan menerima dan belajar menguasai transfer teknologi pembuatan vaksin dengan platform teknologi mRNA.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan bahwa sebagai langkah awal, sesuai dengan program transfer of technology, Bio Farma akan belajar mengenai pembuatan vaksin OVID-19 dengan teknologi mRNA.

“Namun intinya adalah kami akan belajar menguasai platform teknologi mRNA ini, untuk jenis vaksin selain COVID-19 (beyond COVID-19), dan untuk persiapan manakala terjadi pandemi, karena mRNA merupakan teknologi rapid response yakni teknologi cepat dalam pengembangan dan produksi vaksin (plug and play), selain untuk pembuatan vaksin, teknologi mRNA ini, bisa juga digunakan untuk pembuatan produk terapeutik, seperti obat kanker dan lain-lain,” ujar Honesti dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Produksi vaksin COVID ASEAN, Erick: Bukti kepercayaan dunia pada RI

Bio Farma dipastikan akan mampu membuat vaksin terbaru dengan platform teknologi mRNA, setelah Indonesia ditunjuk oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai negara yang akan membangun hub, atau pusat produksi vaksin COVID-19 berbasis messenger RNA (mRNA) di kawasan Asia Tenggara.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada kegiatan Konferensi Pers rutin mengenai pandemi COVID-19 pada (23/2) di Jenewa, Swiss.

Pusat transfer teknologi mRNA global didirikan pada tahun 2021, untuk mendukung produsen di negara-negara pengetahuan rendah dan menengah untuk memproduksi vaksin mereka sendiri, memastikan bahwa mereka memiliki semua prosedur operasi dan yang diperlukan untuk memproduksi vaksin mRNA dalam skala dan menurut standar internasional.

Baca juga: Unhas-Bio Farma kerja sama pengembangan uji klinis vaksin COVID-19

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan Bio Farma sendiri sudah mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengembangan teknologi mRNA ini, seperti pembangunan fasilitas produksi, untuk pembuatan mRNA skala Pilot dan skala komersial terbatas (gedung 34) dan juga yang terpenting adalah Sumber Daya Manusia atau Human Resources.

“Tentu kami menyambut baik, ditunjuknya Bio Farma sebagai satu-satunya perusahaan vaksin di Indonesia yang akan menerima transfer teknologi mRNA. Insya Allah kepercayaan ini, akan kami manfaatkan untuk mendukung kemandirian bangsa dalam membuat vaksin dengan teknologi terbaru secara mandiri,” kata Honesti.

Sebelumnya, Bio Farma sendiri sudah mencari partner untuk pengembangan melalui penjajakan kerjasama dengan University of Manchester untuk penguasaan seed mRNA sehingga Bio Farma sudah memiliki dasar teknologi mRNA ini.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022