ilm Cleopatra, tambah dia, Elizabeth Taylor hadir dengan karakternya sebagai Ratu Cleopatra yang begitu melekat dengan sosok dirinya hingga kini....
Denpasar (ANTARA News) - Siapa tidak kenal Elizabeth "Cleopatra" Taylor? Aktris Hollywood itu coba dihadirkan lagi oleh Bentara Budaya Bali dalam program sinema guna mengenang dedikasinya dalam dunia perfilman, dari 19-20 Agustus 2011.

"Program pemutaran film itu merupakan bentuk kerja sama kami dengan Udayana Scientific Club (USC) dan Komunitas Sahaja," kata Sri Puspita, koordinator program "Putar Film Elizabeth Taylor" itu di Denpasar, Jumat.

Dia mengatakan, Liz Taylor adalah salah satu pelaku film sangat legendaris Hollywood, sekalipun beberapa kalangan menilai bakat aktingnya tidaklah terlalu istimewa.

Akan tetapi, terlepas dari segala bentuk kontroversi yang kerap hadir di sekitarnya, Liz Taylor memiliki kepedulian dan jiwa sosial yang tinggi, terutama terhadap penderita HIV dan AIDS.

"Melalui pemutaran film dokumenter tentang perjalanan hidup Liz Taylor yang juga aktivis kemanusiaan ini bisa memberi nilai tambah tersendiri bagi penonton," ujarnya.

Dia menjelaskan, rencananya akan disuguhkan enam film yang dibintangi Elizabeth Taylor. Pada hari pertama diputar tiga film, yakni National Velvet, Cat on a Hot Thin Roof dan Butterfield 8.

National Velvet merupakan film yang menghadirkan Elizabeth sebagai bintang utama setelah sebelumnya tampil sebagai pemeran pembantu. Film kedua yakni Cat on a Hot Thin Roof , berdurasi 108 menit mengangkat cerita dari Naskah drama Tennessee Williams.

Untuk film ketiga yakni Butterfield 8 merupakan film yang berhasil membawa Elizabeth Taylor meraih piala Oscar pertamanya. Film ini dibintangi bersama dengan suami keempatnya, Edddie Fisher.

"Pada hari kedua diputar film epik sejarah fenomenal, yakni Cleopatra yang dibuat di dua tempat yakni Inggris dan Amerika dengan biaya hingga 60 juta dolar AS," katanya.

Dalam film Cleopatra, tambah dia, Elizabeth Taylor hadir dengan karakternya sebagai Ratu Cleopatra yang begitu melekat dengan sosok dirinya hingga kini.

Selain Cleopatra juga ditayangkan sebuah film dokumenter berjudul The Elizabeth Taylor Story yang berdurasi 86 menit. Film mengisahkan kehidupan pribadi aktris kontroversial.

Acara putar film ini akan ditutup dengan film yang berjudul Who's Afraid of Virginia Wolf sebuah film drama perkawinan yang dimainkan bersama Richard Burton. Elizabeth Taylor kembali meraih Oscar sebagai aktris terbaik lewat film ini. (ANT.IGT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011