vaksinasi adalah kunci utama
Gorontalo (ANTARA) - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo menggelar vaksinasi COVID-19 secara massal di gedung Kwarda Kota Gorontalo, Kamis.

Sebanyak 300 dosis vaksinasi COVID-19 disiapkan, untuk menyasar masyarakat umum, anggota pramuka, dan keluarganya.

Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Gorontalo Idah Syahidah mengatakan vaksinasi tersebut, adalah upaya mempercepat dan meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Gorontalo.

Menurutnya, semua pihak perlu berperan untuk membantu pemerintah daerah dalam mencapai target vaksinasi.

Selain itu, vaksinasi massal juga bertujuan untuk membantu masyarakat umum agar mudah mendapatkan vaksin, terlebih lagi pemberian dosis II sudah harus digenjot mengingat dosis I sudah mencapai di atas 80 persen.

“Sasaran kami hari ini adalah anggota Pramuka dan keluarganya, serta masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan Kwarda yang belum divaksin. Tapi kami juga membuka untuk masyarakat di mana saja yang masih bisa menjangkau lokasi. Mau vaksin dosis I, II atau III bisa, silahkan melapor ke petugas,” tukasnya.

Baca juga: Pramuka Peduli bantu warga Batam terdampak COVID-19
Baca juga: Kemenkes siapkan 5 juta Pramuka jadi tenaga kesehatan cadangan

Selain vaksinasi, Kwarda Gorontalo bekerja sama dengan BPBD dan PMI Provinsi Gorontalo turut membagikan bantuan berupa beras masing-masing lima kilogram kepada setiap masyarakat usai divaksin.

Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat di masa pandemi, serta menjadi stimulus agar semangat mengikuti vaksinasi.

“Tentu bantuan ini atas inisiatif Pemprov Gorontalo. Ini sebagai hadiah karena kita semua sudah berani divaksin,” tambahnya.

Ia mengatakan sejauh ini masih ada warga yang takut mengikuti vaksinasi, karena masih beranggapan cairan tersebut berbahaya bagi tubuh.

“Saya tegaskan lagi vaksin itu halal, vaksin itu tidak berbahaya. Kalau kita ingin pandemi ini cepat berakhir maka patuh akan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi adalah kunci utama,” katanya lagi.

Baca juga: Gerakan Pramuka giat mengampanyekan penerapan protokol kesehatan
Baca juga: Pramuka Aceh telah bagikan 73 ribu masker selama pandemi
Baca juga: Ketua Mabicab Bone Bolango ajak Pramuka berjuang cegah COVID-19

 

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022