Tahun ini ditargetkan penanaman pohon untuk areal seluas tiga hektare di kawasan Tahura Lati Petangis
Paser, Kaltim (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser, Kaltim, bekerja sama dengan PT PAMA Persada melakukan penanaman 3.000 bibit pohon di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Lati Petangis di Kecamatan Batu Engau.

"Tahun ini ditargetkan penanaman pohon untuk areal seluas tiga hektare di kawasan Tahura Lati Petangis," kata Kepala DLH Kabupaten Paser Achmad Safari di Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kamis.

Dikatakannya, jenis bibit pohon yang ditanam terdiri atas aneka pohon buah seperti durian, lai, dan rambutan serta pohon endemik seperti Ulin dan Agathis.

Baca juga: DLH Paser Padamkan Kebakaran Lahan

Penanaman ribuan bibit pohon tersebut, merupakan salah satu bentuk program CSR PT PAMA Persada yang diberi nama Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (Pranakarsa).

"Program ini selaras dengan tujuan Pemerintah Kabupaten Paser yaitu peningkatan kualitas lingkungan hidup," kata Safari.

Baca juga: DLH maksimalkan Brigade Karhutla tangani kebakaran hutan

Ia mengatakan kerja sama Pemerintah Kabupaten Paser dan PT PAMA Persada untuk pelestarian lingkungan hidup telah berlangsung sejak tahun 2021.

"Kami berharap ini menjadi sebuah program pionir dari perusahaan yang ada di Kabupaten Paser agar ikut terlibat menjaga kelestarian lingkungan," tuturnya.

Kegiatan penanaman 3.000 bibit pohon di Kawasan Tahura Lati itu diikuti sejumlah pejabat perusahaan PT PAMA Persada di antaranya CSR Sect Head Bayu Handoko, GA Sect Head Ahmad Arifin dan CSR Officer Hendra Kusuma Putra.

Baca juga: Kabupaten calon ibu kota negara baru masuk zona merah endemis malaria

Baca juga: Puluhan warga Penajam Paser Utara dikarantina di Wisma Atlet Jakarta

Pewarta: Gunawan Wibisono/R.Wartono
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022