Payakumbuh, (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, akan segera mengirimkan bantuan untuk Kabupaten Pasaman Barat yang menjadi pusat gempa dan membuat ratusan rumah di daerah tersebut roboh.

"Sesuai dengan perintah Bapak Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, kita akan segera mengirim bantuan ke Pasaman Barat. Saat ini kita sedang berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kabupaten Pasaman Barat," ujar Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda di Payakumbuh, Jumat.

Ia mengatakan koordinasi yang dilakukan dengan BPBD Provinsi Sumbar dan Kabupaten Pasaman Barat untuk memastikan kebutuhan warga yang akan dikirim nantinya.

"Apakah itu tenda, makanan, tikar ataupun yang lainnya. Insya Allah, ini akan kita kirim sesegera mungkin. Minimal dalam waktu dekat itu akan kirim bantuan tenaga. Semua tergantung kondisi terkini," katanya.

Baca juga: Dua meninggal, 20 luka-luka akibat gempa M 6,1 di Pasaman Barat

Baca juga: BPBD Agam turunkan tim data kerusakan dampak gempa


Selain itu, kata Rida, Pemkot Payakumbuh melalui bagian Kesra juga tengah menyiapkan edaran kepada ASN dan masyarakat yang ingin membantu warga Kabupaten Pasaman Barat.

"Jadi nantinya yang ingin membantu bisa melalui Pemkot Payakumbuh, baik itu ASN maupun masyarakat. Semoga yang kami lakukan ini nantinya dapat membantu warga yang terdampak," ungkapnya.

Sementara itu, terkait dampak gempa yang berpusat di Pasaman Barat itu terdapat salah satu rumah warga di Kecamatan Payakumbuh Utara yang roboh dan tim telah turun melihat langsung kondisi rumah tersebut.

"Ada satu rumah yang roboh, tim kita sudah turun. Untuk perkantoran juga ada yang mengalami kerusakan seperti jatuhnya plafon. Namun, untuk gedung-gedung belum ada laporan," katanya.

Untuk ASN, pihaknya meminta untuk tetap waspada apabila nantinya masih terjadi gempa susulan terutama untuk yang bekerja di bangunan bertingkat.

"Kalau untuk diliburkan belum, tapi kita lihat lagi kondisinya nanti. Apabila tidak memungkinkan tentu akan kita ambil tindakan, semoga tidak," kata dia.

Dia berharap agar nantinya tidak lagi terjadi gempa susulan sehingga seluruh masyarakat Sumbar khususnya Kabupaten Pasaman Barat tetap aman.*

Baca juga: Gubernur Sumbar instruksikan penanganan cepat gempa Pasaman Barat

Baca juga: Gempa Pasaman Barat terasa sampai Batam

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022