Jakarta (ANTARA) -- Bertempat di Kantor Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Sabtu (12/2), Mubadala Petroleum Bersama Pemerintahan Desa Hilir Muara menyelenggarakan Malam Penghargaan Pemenang Lomba Kebersihan, Penghijauan dan Anugerah Local Hero.

Lomba ini adalah salah satu rangkaian dari Program Mubadala Petroleum (MP) - Eco Green yang merupakan respon aktif perusahaan dalam upaya mengatasi masalah lingkungan seperti sampah yang bertujuan membangun kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat di desa mitra untuk lebih sadar akan kebersihan lingkungan komunalnya.

Dinobatkan sebagai pemenang lomba kebersihan pada ajang ini adalah RT 12 (Juara 1), RT 2 (Juara 2) dan RT 5 (Juara 3). Sementara, Ibu Normawati berhasil mengungguli Ibu Dahlia (Juara 2) dan Ibu Nursaodah (Juara 3) sebagai anggota Kelompok Sadar Lingkungan Asri (Pokdarlis) yang dinobatkan sebagai Juara 1 Lomba Penghijauan.

Ibu Jumria, anggota Pokdarlis dari RT 12 ditetapkan sebagai Local Hero atas dedikasi dan peran aktif serta inovasi dan kemampuannya mempengaruhi masyarakat desa untuk meningkatkan kesadaran akan perhatian pada lingkungan.

Senior CSR Mubadala Petroleum, Ruly Bernaputra mengatakan bahwa penyelenggaraan lomba dan anugerah ini adalah penghargaan atas keberhasilan masyarakat Desa Hilir Muara terutama dari kalangan ibu-ibu Pokdarlis untuk menumbuhkan kesadaran dan mendorong partisipasi dari semua warga desa dalam mengatasi permasalahan lingkungan. Ruly menambahkan bahwa apresiasi ini merupakan salah satu langkah awal dari sebuah PR bersama para pihak untuk memajukan Desa Hilir Muara dalam berbagai aspek, terutama penataan lingkungan.

“Kami tentu berharap bahwa kegiatan ini setidaknya mampu mereduksi permasalahan lingkungan di Desa Hilir Muara, terutama sampah. Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan adalah langkah dasar dalam mengatasi permasalahan sampah yang menjadi tanggung jawab bersama dalam mewujudkan kampung asri desa ramah lingkungan.”, ujar Ruly.

Camelia Martini, mewakili External Relations & Communications Manager Mubadala Petroleum menyampaikan, “Selamat atas terselenggaranya kegiatan Lomba Kebersihan, Penghijauan, dan Anugrah Local Hero Desa Hilir Muara yang merupakan salah satu program CSR Eco Green Mubadala Petroleum. Tidak lupa terima kasih saya sampaikan kepada seluruh pihak yg terlibat. Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat menjadikan Desa Hilir Muara semakin asri dan terbentuk masyarakat yang cinta lingkungan dengan mengutamakan kebersihan dan penghijauan, sehingga tercipta kebersamaan dan keselarasan”

Kepala Desa Hilir Muara, H. Nurdin turut mengapresiasi lomba yang digelar oleh perusahaan ini. “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mubadala Petroleum yang telah bertahun-tahun menjadi mitra bagi desa kami tidak hanya pada upaya pengembangan ekonomi kerakyatan namun juga keterlibatan aktif perusahaan dalam menjaga lingkungan desa dengan terus menggulirkan program-program yang menumbuhkan partisipasi dan kesadaran masyarakat desa akan kebersihan.”, sambut Nurdin.

Sementara itu, Kepala SKK Migas Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi, Azhari Idris menyambut baik inisiatif Mubadala Petroleum menggelar lomba ini. “Lomba kebersihan, penghijauan dan local hero ini menunjukkan kontribusi industri hulu migas kepada komunitas lokal dalam rangka mendukung program pemerintah Ekonomi Hijau dan program SKK Migas dalam inisiasinya mengurangi dampak karbon (low carbon initiatives) di Industri Hulu Migas serta salah satu upaya untuk terus membangkitkan semangat cinta dan peduli lingkungan oleh pemangku kepentingan di sekitar wilayah kerja. Selamat kepada para pemenang lomba dan peraih anugerah local hero, semoga menginspirasi masyarakat lainnya untuk melakukan hal yang sama pada lingkungannya.”

Mubadala Petroleum merupakan perusahaan hulu minyak dan gas eksplorasi dan produksi internasional yang didirikan pada Juni 2012 sebagai entitas anak usaha dari Mubadala Investment Company yang berpusat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Mubadala Petroleum mengoperasikan Kontrak Kerja Sama (KKS) Sebuku dengan lapangan gas Ruby yang beroperasi sejak 2013 di Indonesia. Mubadala Petroleum juga mengelola dan menjadi operator Wilayah Kerja Andaman I dan South Andaman di laut lepas Aceh.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022