Kendari (ANTARA News) - Menteri Pertahanan (Menhan), Purnomo Yusgiantoro, akan mewakili Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), membuka puncak kegiatan Sail Wakatobi Belitong (SWB) 2011 di Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 24 Agustus 2011.

"Kami sudah menerima jadwal kedatangan Menhan di Wakatobi untuk membuka Sail Wakatobi, mewakil presiden yang berhalangan hadir karena tugas kenegaraan yang tidak bisa ditinggalkan," kata Bupati Wakatobi, Hugua, melalui telepon dari Wangi-wangi, Ibukota Wakatobi, Minggu.

Menurut Hugua, Menhan bersama Ny. Lis Yusgiantoro dan rombongan akan tiba di Bandara Matahora Wakatobi pada 23 Agustus 2011, menggunakan pesawat Foker 28 milik TNI Angkatan Udara.

Dalam jadwal yang disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Wakatobi kata dia, Menhan Purnomo Yusgiantoro akan berada di Wakatobi selama dua hari, yakni mulai tanggal 23 hingga 24 Agustus 2011.

"Pada tanggal 23 Agustus 2011 saat buka puasa, kami bersama Muspida, camat dan para kepala desa/lurah serta tokoh-tokoh masyarakat, akan buka puasa bersama Menhan dan rombongan di Ballrom Patuno Resort," katanya.

Pada kesempatan acara buka puasa itu kata dia, Menhan Purnomo Yusgiantoro akan memberikan pengarahan tentang `Peran masyarakat sebagai ujung tombak dalam kerangka bela negara untuk kokohkan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sedangkan pada keesokan harinya, 24 Agustus 2011, kata Hugua, Menhan Purnomo Yusgiantoro atas nama Pemerintah RI, akan menerima para peserta SWB sekaligus menyaksikan acara pernikahan massal di bawah laut Pantai Desa Sombu, Kecamatan Wangi-wangi, Wakatobi.

"Peserta SWB yang akan diterima Menhan sebanyak 126 kapal yang berasal dari 40 negara, sedangkan peserta nikah massal bawah laut sebanyak 30 pasangan," katanya.

Menurut Hugua, peserta nikah massal bawah laut tersebut merupakan penyelam dari Indonesia sendiri 26 pasangan, sedangkan empat pasangan lainnya dari mancanegara.

Sementara itu, Ny Lis Yusgiantoro yang menyertai kunjungan Menhan di Wakatobi, akan meninjau Rumah Pintar Bahari di perkampungan suku Bajo di Desa Mola, Kecamatan Wangi-wangi, Wakatobi. Dalam peninjauan tersebut, Ny Lis akan didampingi Ny Ratna Hugua, istri bupati Wakatobi.

"Di lokasi itu, Ny Lis akan menyerahkan secara simbolis paket bantuan berupa buku dan sarana pendukung untuk kegiatan Rumah Pintar Bahari di Mola tersebut," katanya menambahkan.
(T.ANT-227)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011