Tidak ada yang istimewa, tentu semua akan berjalan seperti biasanya, tinggal ditingkatkan,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD akan mengucapkan sumpah sebagai ketua MK periode 2011-2014 pada di Jakarta pukul 10.00 WIB, Senin.

Berdasarkan informasi MK, maka Mahfud MD akan diambil sumpah secara terbuka di ruang sidang pleno MK dan disaksikan oleh anggota majelis konstitusi serta beberapa pejabat negara.

Beberapa pejabat yang akan hadir diantaranya pimpinan MPR, DPR, Komisi Pemeberantasan Korupsi (KPK), Komisi Yudisial (KY), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Komisi Pemilihan Umum (KPU), beberapa menteri, pimpinan TNI dan Polri.

Mahfud kembali terpilih menjadi ketua MK setelah memenangkan pemilihan suara secara tertutup pada 18 Agustus 2008 dengan memperoleh dukungan lima hakim konstitusi.

Dalam pemilihan ini, mantan anggota DPR dan menteri pertahanan jaman Gus Dur ini mengungguli Hakim Konstitusi Harjono yang memperoleh dua dukungan suara, Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva memperoleh satu suara dan satu suara abstain.

Pemilihan ketua MK ini setiap hakim konstitusi diberi hak untuk dipilih dan memilih, namun ada empat hakim yang menyatakan tidak menggunakan hak untuk dipilih.

Keempat hakim itu adalah Hakim Anwar Usman, M Akil Mochtar, Muhammad Alim dan Maria Farida Indrawati.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Mahfud menyatakan tidak istimewa dirinya terpilih kembali dan berjanji akan meningkatkan kinerjanya.

"Tidak ada yang istimewa, tentu semua akan berjalan seperti biasanya, tinggal ditingkatkan," kata Mahfud.

Dia menegaskan bahwa dengan kembali menjabat ketua MK lagi dirinya tetap akan membawa MK yang tetap independen dan keberanian dalam membuat putusan.

Mahfud MD menjabat sebagai ketua MK sejak periode 2008-2011 yang menggantikan ketua MK sebelumnya Jimly Asshiddiqie yang menjabat pada 2003-2008.
(J008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011