Jakarta (ANTARA News) - Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW), Febri Hendri, meminta agar Nazaruddin dapat segera dihadirkan di persidangan.

"Dengan demikian, maka satu persatu informasi dapat didapatkan untuk menggali lebih dalam siapa berada di balik Nazaruddin," katanya di Jakarta, Selasa.

Selama ini, menurut dia, isu yang berkembang "disetir" dari informasi Nazaruddin saja, sehingga hal tersebut perlu untuk diklarifikasi oleh berbagai pihak di persidangan.

Selain itu, ia menilai, juga dapat menghadirkan informasi dari pihak-pihak lain di persidangan, sehingga kasus Nazaruddin ini dapat diungkap hingga dalang di belakang layar yang membantunya.

"Kalau masih hanya bertumpu pada informasi Nazaruddin saja tidak akan membongkar kasus ini," katanya.

Menurut dia, sangat penting untuk dapat mengungkap siapa dalang sesungguhnya dibalik semua konspirasi korupsi politik ini. Selain itu juga, penting untuk mengungkap siapa saja yang membantunya ke luar negeri.

Ia mengingatkan, dalam beberapa waktu ini sangat terasa adanya upaya mendelegitimasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), karena kasus Nazaruddin dialihkan kepada berbagai isu yang seolah-olah KPK tidak profesional.

Hal ini dapat dirasakan dari tuduhan bahwa pengacara Nazaruddin tidak bisa mendampinginya, isu Nazaruddin tidak mau makan dan sebagainya.

"Isu-isu yang tidak subtantif," katanya.
(T.M041)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011