Klaten (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, memberi paket Lebaran kepada 165 keluarga korban erupsi Merapi 2010 yang tinggal di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang maupun yang masih bertahan di hunian sementara.

Sekretaris BPBD Klaten Joko Rukminto di Klaten, Rabu, mengatakan, pihaknya telah memberikan paket tersebut kepada pihak desa setempat untuk kemudian diserahkan kepada warga di sana.

"Ada 460 paket yang diberikan. Satu paket berisi antara lain sarung, kain batik, kaos dewasa, dan pakaian anak, sehingga diharapkan bisa meringankan beban warga korban Merapi dalam merayakan Lebaran 2011 ini karena bagaimanapun saat ini mereka masih dalam tahap pemulihan dan berusaha bangkit," katanya.

Dikatakan, sebagian besar korban Merapi tersebut kini sudah kembali ke desanya untuk menempati kembali rumah mereka yang semula hancur tersapu material vulkanik saat erupsi Merapi terjadi, namun masih ada sekitar lima keluarga yang mendiami hunian sementara di Desa Kepurun, Kecamatan Manisrenggo.

Sementara itu, Kepala Dusun I Balerante Jainu mengatakan bahwa bantuan paket Lebaran dari pemerintah telah diterima pihak desa, namun belum dibagikan kepada warga.

"Rencananya pembagian baru akan dilakukan Kamis (25/8) karena untuk membagikan paket tersebut butuh persiapan matang agar tak terjadi hal-hal tak diinginkan seperti yang terjadi di daerah lain beberapa hari terakhir," katanya. (ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011