Payakumbuh (ANTARA) - Balai Wartawan Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota), Sumatera Barat menghimpun donasi dari para donatur untuk disalurkan ke warga terdampak gempa yang berpusat di Kabupaten Pasaman Barat pada Jumat (25/2).

Koordinator Aksi Sosial Balai Wartawan Luak Limopuluah, Widiat B Arta di Payakumbuh, Selasa, mengatakan bahwa aksi yang dilakukan oleh wartawan ini untuk menghimpun donasi ini telah digelar sejak Ahad (27/2).

"Selain menghimpun donasi dari donatur di posko yang telah kita sediakan, kami juga langsung turun ke jalan raya. Hal ini juga untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berdonasi," katanya.

Aksi sosial yang dilakukan oleh wartawan itu merupakan bentuk kepedulian dan empati para jurnalis atas musibah gempa yang baru saja terjadi.

Baca juga: Sekolah di Kecamatan Talamau Pasaman Barat diliburkan pascagempa

Baca juga: BMKG minta pemkab lakukan penyesuaian tata ruang antisipasi sesar baru


"Wartawan itu peka terhadap persoalan sosial dan kemanusiaan. Kawan-kawan wartawan di Luak Limopuluah tergerak hatinya membantu korban gempa," ujarnya.

Menurutnya, Balai Wartawan Luak Limopuluah yang berkantor di Jalan Olahraga, Komplek Kantor Bupati lama, Pusat Kota Payakumbuh, menerima segala bentuk donasi dari masyarakat selama barang atau donasi tersebut bermanfaat untuk masyarakat terdampak.

"Mulai dari sembako seperti beras, mie instan, telur ayam, air minum, hingga pakaian. Para donatur berasal dari kalangan pejabat pemerintahan, anggota DPRD, pengusaha, hingga masyarakat umum," kata dia.

Ia mengatakan agar menjaga kepercayaan donatur dan daftar donasi dari para donatur yang menyumbang nantinya akan diumumkan kepada publik.

"Seluruh bantuan ini, rencananya nanti akan kita jadikan dalam bentuk barang, kemudian diantarkan langsung ke posko-posko pengungsian dan penanganan bencana gempa di Pasaman," ungkapnya.

Hingga saat ini, perkiraan total donasi jika dihitung dari barang dan uang sudah mencapai belasan juta rupiah.

"Secepatnya bantuan ini akan kita serahkan, bagi masyarakat yang ingin berdonasi melalui Balai Wartawan silahkan langsung datang ke Kantor Balai Wartawan," ujarnya.

Data terakhir, Gempa berkekuatan 6,1 SR yang berpusat di Kabupaten Pasaman Barat itu mengakibatkan korban jiwa enam orang, luka berat 22 orang dan luka ringan 42 orang di Pasaman Barat.*

Baca juga: Longsor hambat distribusi bantuan korban gempa di Pasaman Barat

Baca juga: Pemkab Solok Selatan kirimkan tenaga medis ke Pasaman Barat

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022