Jumlah paket yang diserahkan Presiden ada sebanyak .2.000 paket yang berisikan beras, bahan makanan, roti, minuman, dan lainnya
Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Bantuan Presiden Joko Widodo untuk korban gempa bumi tiba di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa (1/3) sore.

Bantuan yang diangkut oleh truk kontainer tersebut parkir di halaman rumah dinas bupati dan langsung diserahterimakan kepada Bupati Pasaman Barat Hamsuardi.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Presiden atas bantuan dan perhatian yang telah diberikan kepada warga Pasaman Barat," kata Hamsuardi di Simpang Empat, Selasa.

Ia berharap bantuan dari presiden itu bisa berguna bagi warga yang terdampak gempa di kabupaten setempat, terutama yang rumahnya rusak dan mengungsi.

Bupati memaparkan jumlah paket yang diserahkan Presiden ada sebanyak .2.000 paket yang berisikan beras, bahan makanan, roti, minuman, dan lainnya.

Bantuan dari presiden itu rencananya akan disalurkan kepada warga pada Selasa malam dengan sistem satu paket untuk satu kepala keluarga (KK).

"Malam nanti akan disalurkan kepada warga dengan sistem satu KK menerima satu paket, jadi bukan orang per orangan," katanya.

Ia mengatakan sasaran penyaluran yang utama adalah korban di posko pengungsian utama yang berlokasi di halaman kantor Bupati Pasaman Barat.

"Diutamakan bagi pengungsi di sini (posko pengungsian utama) terlebih dahulu, setelahnya baru didistribusikan ke posko-posko yang sudah dibentuk di berbagai lokasi," katanya.

Bupati berharap bantuan tersebut dapat berguna bagi warga yang kini masih kesulitan karena terdampak gempa.

Selain 2.000 paket untuk warga di Pasaman Barat, bantuan Presiden juga datang untuk warga di Kabupaten Pasaman sebanyak 1.000 paket.

Hingga Selasa (1/3) Satuan Tugas Tanggap Darurat Bencana Pasaman Barat masih terus melakukan pendataan dan validasi rumah warga yang rusak, dan jumlah pengungsi di kawasan setempat.

Menurut Komandan Pos Komando Tanggap Darurat Pasaman Barat Hery Bhakti saat ini warga terdampak korban gempa Pasaman Barat masih membutuhkan tenda, susu ibu hamil, susu anak, kasur, selimut, beras dan bahan makanan lainnya.

Baca juga: Bantuan logistik disalurkan ke 11 titik terdampak gempa Pasaman Barat

Baca juga: Balai Wartawan himpun donasi untuk korban gempa di Pasaman Barat

Baca juga: Humanity Food Bus dikerahkan untuk bantu korban gempa di Pasaman Barat

Baca juga: Pasaman Barat peroleh bantuan Stasiun Pasang Surut deteksi tsunami



 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022