...Nominal mencukupi, kami harap masyarakat bisa tertib....
Kediri (ANTARA News) - Maksud hati beramal dan bersedekah, tapi kalau tidak dikawal sebaik mungkin malah mendatangkan bencana. Karena itulah polisi dan aparatur lain memperketat pengamanan pemberian sedekah dari PT Gudang Garam, yang diberikan tiap tahun kepada warga masyarakat menjelang Lebaran.

Kepala Bagian Operasional Polres Kediri Kota, Kompol Sudarto, Jumat, mengemukakan akan menerjunkan lebih dari 770 personel untuk pengamanan tersebut. Petugas itu adalah gabungan dari anggota Polres Kediri Kota, Kodim 0809/Kediri, Yonif 521, serta Brigade Mobil.

"Kalau keramaian yang jelas pasti ada, tapi, kami sudah terjunkan banyak petugas untuk memimalisir potensi kericuhan," katanya.

Pada pembagian tahun sebelumnya, setidaknya ada 12.000 orang ikut antre mendapatkan sedekah dari pabrik tersebut. Mereka bukan hanya berasal dari warga di Kabupaten maupun Kota Kediri, bahkan banyak juga dari luar kota, seperti Jombang, Nganjuk, dan daerah-daerah sekitarnya.

Pembagian sedekah dari pabrik rokok terbesar di Kediri itu memang dilakukan tiap tahun. Menjelang Lebaran 1432 Hijriah ini, kegiatan pembagian itu dilakukan pada Sabtu (27/8) di Unit 1.

Kompol Sudarto mengatakan, kegiatan apel akan dilakukan pada pukul 03.00 WIB, sebagai persiapan pengamanan. Pada waktu itu, biasanya, beberapa orang sudah berkumpul untuk ikut antre, demi mendapatkan uang pemberian sedekah dari PT GG, sebesar Rp20 ribu per orang.

Pihaknya juga sudah koordinasi dengan panitia dari pabrik, tentang pola pemberian sedekah. Untuk meminamilisir terjadinya masalah, pihaknya sengaja membagi antara yang perempuan berada di sebelah timur lokasi Unit I, laki-laki di sebelah bara, dan untuk nenek-nenek dan anak kecil didahulukan.

Untuk jam pembagian, ia mengatakan hingga kini belum ada waktu yang jelas. Namun, berdasarkan pengalaman, dimungkinkan akan dilakukan pada pukul 07.00 WIB.

"Yang jelas, pembagian pagi sekali. Kami juga akan melakukan pembatasan, jika datang terlambat tidak boleh masuk. Hal itu akan lebih memudahkan pemantauan keamanan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Hubungan Masyarakat PT Gudang Garam, Yuli Rosiyadi mengakui jika pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan pemberian sedekah pada Sabtu besok. Hal itu sesuai dengan agenda rutinan yang memang tiap tahun dilakukan.

Namun, ia enggan menyebut nominal yang akan dibagikan. Ia hanya mengatakan, sudah mempersiapkan untuk proses pembagian di lokasi pabrik. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, pihak pabrik menyediakan anggaran hingga Rp240 juta untuk diberikan kepada warga.

"Nominal mencukupi, kami harap masyarakat bisa tertib," katanya. (ANT-073)





Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011