Saya berharap BUMN juga lakukan operasi pasar, bagaimana harga daging sapi sampai dengan end customer
Jakarta (ANTARA) - Badan Pangan Nasional (Bapanas) atau NFA (National Food Agency) akan mendorong BUMN mempercepat masuknya cadangan daging stok nasional untuk mengatasi persoalan daging pada Ramadhan sampai dengan Idul fitri.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan selain itu NFA juga akan membuat skenario mobilisasi potensi daging sapi, menyiapkan pola distribusi baik sapi maupun daging sapi potong.

“Saya berharap BUMN juga lakukan operasi pasar, bagaimana harga daging sapi sampai dengan end customer," kata Arief dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, ke depan harus sudah memiliki stok daging, stok ini bisa ditentukan sesuai kebutuhan masyarakat, dihitung kebutuhan setiap bulan untuk ditindaklanjuti BUMN melalui cold room / cold storage daging.

Hal ini sebagai salah satu solusi stabilisasi harga daging pada tahun berikutnya. Ini perlu dilakukan perubahan, berbenah, sehingga tidak ada kejadian berulang setiap tahun.

“PR saya adalah mempercepat penugasan ke BUMN, selain itu mempercepat harga yang baik ke distributor dan pedagang," katanya.

Ia melanjutkan setelah open book dengan para pemangku kepentingan ini, NFA akan segera bahas pada Rapat Koordinasi Terbatas atau Rakortas.

Sebagai tindak lanjut upaya stabilisasi harga daging, pasca pertemuan dengan sejumlah pedagang di lapangan, Arief Prasetyo Adi menghadiri rapat koordinasi bersama Kepala Staf Kepresidenan, Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan, Kemenko Perekonomian, Kementerian Pertanian, Asosiasi Gabungan Pengusaha Sapi Potong (GAPUSPINDO) dan Anak Perusahaan BUMN PT Berdikari.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Kepala Bapanas dapat segera menindaklanjuti persoalan daging sapi, selain itu perlu dilakukan controlling komoditas daging tiap bulannya.

Baca juga: Pemerintah perlu mencari alternatif negara pengimpor daging sapi

Baca juga: JAPPDI: Pasokan sapi Australia berkurang picu kenaikan harga daging

Baca juga: Pembenahan sistem logistik perdagangan daging penting jelang puasa

Baca juga: Tuntutan dipenuhi, pemotong dan pedagang sapi tak jadi mogok jualan

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022