... tahun ini kemungkinan akan terjadi peningkatan karena kami sudah meningkatkan kapasitasnya menjadi 520 juta SMS perhari...
Makassar (ANTARA News) - Perusahaan Jasa Telekomunikasi Telkomsel Regional Sumalirja pada 2011 ini meningkatkan kapasitas penanganan. Akan mampu melayani lalu-lintas pesan singkat alias SMS sampai 6.000 perdetik setiap kali pengiriman.

"Tahun ini kami terus berbenah dan khusus pada Ramadan dan Idul Fitri peningkatan itu berupa layanan pengiriman SMS sudah mencapai 6.000 per detik setiap kali kirim," ujar ujar General Manager Network Operation Telkomsel Regional Sumalirja, Cecep Riswanda, di Makassar, Rabu.

Ia menyatakan, peningkatan kapasitas SMS itu hampir dua kali lipat pada tahun sebelumnya yang hanya sekitar 3.000 perdetik atau sekitar 520 juta SMS perhari.

Peningkatan itu juga bukan hanya terjadi di Area Sulawesi, Maluku dan Irian Jaya tetapi seluruh wilayah lainnya di Indonesia.

Peningkatan jalur pada periode lebaran yang paling menonjol dan sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun adalah peningkatan jalur SMS ucapan "Selamat Idul Fitri" oleh pelanggan.

Ia mengungkapkan, pada periode 2010, secara berturut-turut, jalur SMS paling tinggi terjadi pada hari raya Idul Fitri 1431 Hijriah sekitar 292 juta SMS perhari.

Tercatat 99,6 persen dari semua SMS yang dikirim pelanggan Telkomsel saat Idul Fitri sukses sampai di nomor penerima, di mana 85,37 persen di antaranya tiba dalam waktu tidak lebih dari 30 detik.

Sedangkan pada hari-hari normal pada tahun 2011 ini, jumlah peningkatan SMS lebih tinggi karena tercatat sekitar 304 juta SMS per hari dan 60 persen dari angka itu terjadi di wilayah Makassar.

"Untuk data tahun sebelumnya kapasitas pengiriman itu hanya sekitar 3.000 SMS perdetik dan pada hari raya jumlah pengirim SMS per hari sekitar 292 juta. Pada tahun ini kemungkinan akan terjadi peningkatan karena kami sudah meningkatkan kapasitasnya menjadi 520 juta SMS perhari," terang Cecep.  (*)



Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011