Pasuruan (ANTARA) - Ribuan bibit bakau atau mangrove ditanam di perairan pantai utara Pasuruan, Jawa Timur sebagai upaya untuk mencegah abrasi di wilayah tersebut.

Dandim 0819/Pasuruan Letkol Inf Nyarman dalam keterangan tertulis, Jumat mengatakan penanaman bakau tersebut dilakukan dalam rangka upaya penyelamatan lingkungan pantai dari abrasi.

"Kegiatan ini secara serentak oleh Kodam V Brawijaya di semua pantai utara di Jawa Timur," ujarnya.

Ia mengatakan, penanaman bakau dilaksanakan di sekitaran Cafe Laut Semare, Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Menurut dia, total lebih dari 5.000 bibit tanaman bakau yang disebar di tiga lokasi, yakni di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, kemudian di Desa Semare, Kecamatan Kraton dan di Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Khusus di Desa Semare, total ada 1.500 bibit bakau yang ditanam oleh para anggota Kodim 0819 Pasuruan hingga komunitas pecinta lingkungan dan sahabat-sahabat pramuka Pasuruan.

"Kami kerahkan para prajurit TNI AD di Kodim 0819 Pasuruan. Dan kami ajak para pramuka hingga kelompok atau komunitas pecinta lingkungan di Pasuruan. Termasuk pak Bupati dan anggota Forkopimda lain juga ikut menanam," katanya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf berterima kasih kepada TNI, POLRI hingga semua elemen masyarakat pecinta lingkungan yang melakukan aksi penanaman mangrove di sepanjang pantai Pasuruan.

Ia berharap dengan penanaman serentak, pantai-pantai di Pasuruan bisa semakin diselamatkan dari bahaya erosi ataupun abrasi.

"Aksi penanaman ini menjadi motivasi kita untuk mengikuti inisiasi Pangdam V Brawijaya. Semoga ikhtiar ini memberikan semangat untuk menjaga dan melestarikan pantai pantai kita yang panjangnya sekitar 48 kilometer persegi," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022