Jakarta (ANTARA) - Alvaro Morata membuat Juventus memetik tiga poin setelah menang tipis 1-0 atas Spezia dalam pertandingan Liga Italia pekan ke-28 di Stadion Juventus, Senin dini hari WIB.

Morata mencetak gol untuk pertama kalinya sejak pertengahan Januari saat pertandingan berjalan 20 menit yang membuat Juventus tetap menguntit juara bertahan Inter Milan yang dua hari sebelumnya meluluhlantakkan Salernitana 5-0.

Juventus tetap menempati urutan keempat dengan 53 poin atau terpaut empat poin dari AC Milan dan Napoli yang berada pada peringkat ketiga dan kedua. Sedangkan, Spazia menduduki peringkat ke 16 dengan 26 poin dari 28 pertandingan.

Juve bisa berada tujuh poin dari puncak klasemen ketika Napoli menjamu AC Milan sekitar sejam nanti Senin dini hari ini.  Napoli dan AC Milan terpaut satu poin di bawah Inter menjelang salah satu pertandingan terbesar musim ini sejauh ini digelar.

Namun, apa pun hasil laga Napoli versus Milan di Stadio Diego Armando Maradona itu, Juve membuat tim-tim di atasnya tertekan berkat 14 pertandingan liga tak terkalahkan sejak akhir November.

Juventus tampil dominan sejak awal laga, namun sulit menembus pertahanan Spezia sebelum terpecahkan pada menit ke-21. Kiper Spezia Ivan Provedel salah memberikan umpan yang mengarah kepada Daniele Rugani. Bek Italia itu lalu melepaskan bola kepada Manuel Locatelli yang langsung melakukan kombinasi dengan Dusan Vlahovic.

Baca juga: Liga Italia malam ini: Sassuola menang besar, tiga laga berakhir seri

Umpan pendek Locatelli dan Vlahovic membongkar lini pertahanan Spezia. Locatelli lalu menyodorkan bola kepada Alvaro Morata yang dengan tenang menaklukkan Provedel dengan sepakan mendatarnya. Juventus unggul 1-0.

Juventus berpeluang menggandakan keunggulan pada menit ke-32, tetapi sepakan Juan Cuadrado setelah menyambar umpan Arthur Melo bisa ditahan Provedel.

Selepas turun minum, Spezia tampil lebih menyerang untuk mencetak gol penyeimbang dan mereka menciptakan peluang pada menit ke-51 ketika umpan silang Salva Ferrer dari sisi kanan disundul Emmanuel Gyasi, tetapi Wojciech Szczesny sigap menghalaunya.

Szczesny kembali beraksi menyelamatkan gawang Juventus pada menit ke-80 setelah umpan Viktor Kovalenko diterima Kevin Agudelo yang menusuk ke kotak penalti. Szczesny bisa menutup ruang tembak Agudelo.

Juventus hampir kebobolan pada menit ke-83. Matthijs de Ligt menghalau bola, tetapi bola mengarah kepada Ferrer yang berdiri di depan gawang. Sayang, tembakannya melambung usai dihalangi Adrien Rabiot.

Mengutip laman Serie A dan AFP, wasit melibatkan VAR karena Ferrer terjatuh usai melakukan tembakan, tetapi Spezia tidak mendapatkan penalti.

Baca juga: Hattrick Lautaro Martinez antarkan Inter puncaki lagi Serie A

Susunan Pemain:
Juventus (4-4-2):
Wojciech Szczesny; Danilo, Matthijs de Ligt, Daniele Rugani; Juan Cuadrado, Arthur, Manuel Locatelli, Adrien Rabiot, Luca Pellegrini (Federico Bernardeschi 63'); Dusan Vlahovic (Moise Kean 86'), Alvaro Morata.

Spezia (4-2-3-1): Ivan Provedel; Salva Ferrer, Dimitris Nikolaou, Martin Erlic, Arkadiusz Reca; Simone Bastoni, Giulio Maggiore (Viktor Kovalenko 76'), Kevin Agudelo; Daniele Verde, Rey Manaj (Mehdi Bourabia 76'), Emmanuel Gyasi.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022