Ghazni, Afghanistan (ANTARA News/AFP) - Empat insinyur Turki yang diculik gerilyawan Taliban lebih dari delapan bulan lalu dibebaskan Sabtu malam, kata para penculik mereka dan pejabat.

Para warga Turki yang diculik Desember tahun lalu di provinsi Paktia, Afghanistan timur itu diserahkan kepada Komite Palang Merah Internasional (ICRC) di provinsi tetangga, Ghazni, kata seorang wartawan AFP di daerah itu.

"Kami diculik Taliban delapan setengah bulan lalu.Kami dibebaskan sehubungan hari raya Idul Fitri oleh Ameer-ul Momineen Mullah Mohammad Omar," kata salah seorang dari mereka kepada AFP, mengacu pada pemimpin Taliban itu.

Warga Turki yang menyebut namanya Imam, mengatakan "tidak uang tebusan dibayarkan" dan "kami tidak disiksa" selama ditahan,sebelum dibawa ke kota Ghazni.

Pihak berwenang menolak merinci tetapi Haji Zahir,seorang pemimpin suku yang membantu pembebasan itu mengemukakan kepada AFP mereka membebaskan ke empat warga Turki sehubungan dengan "Hari Raya Idul Fitri,"

Pembebasan para tahanan pada hari raya Idul Fitri adalah satu tradisi di Afghanistan.

"Ya kami membebaskan empar insiyur Turki sehubungan dengan Idul Fitri," kata juru bicara Taliban Zabihulah Mujahed kepada AFP.

Turki memiliki ratusan tentara yang beroperasi di bawah pasukan NATO di Afghanistan, dalam konflik sepuluh tahun yang banyak menimbulkan korban jiwa itu.

(Uu.H-RN/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011