Jakarta (ANTARA) - Platform keuangan digital BUMN berbasis syariah, LinkAja Syariah, berhasil mendapatkan penghargaan Happiness Award untuk kategori payment channel dari Rumah Zakat pada acara Public Expose Rumah Zakat 2022, baru-baru ini.

Di saat yang sama, LinkAja Syariah juga melakukan sinergi dengan Rumah Zakat untuk memperkuat digitalisasi Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf (ZISWAF) dan Qurban selama tahun 2022.

"Melalui apresiasi ini kami harapkan semakin memotivasi serta meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia untuk menyalurkan donasi serta zakatnya secara digital bersama LinkAja Syariah," kata Head of LinkAja Sharia Group Donny Fernando dalam keterangannya, dikutip pada Senin.

Baca juga: Belanja serasa di Roblox dalam kota virtual LinkAja

"Kami juga optimis sinergi yang terjalin antara LinkAja Syariah bersama Rumah Zakat dapat berkontribusi positif terhadap literasi keuangan digital di Indonesia," imbuhnya.

Sepanjang tahun 2021, secara keseluruhan penghimpunan Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf di LinkAja Syariah mengalami peningkatan transaksi sebesar lebih dari 780 persen.

Rumah Zakat merupakan mitra lembaga donasi LinkAja sejak tahun 2019, dan di tahun 2021, penghimpunan donasi LinkAja Syariah melalui Rumah Zakat mengalami peningkatan transaksi sebesar lebih dari 520 persen, pengguna aktif sebesar lebih dari 610 persen dan nilai donasi sebesar lebih dari 360 persen.

"Kami juga mendukung penuh penguatan kerja sama strategis antara Rumah Zakat dan LinkAja Syariah, kami harapkan sinergi ini dapat terus mendorong dalam mewujudkan percepatan digitalisasi ekosistem ZISWAF sehingga dapat memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat," kata CEO Rumah Zakat Nur Efend.

Hingga saat ini, LinkAja telah memberikan kemudahan bagi lebih dari 81 juta pengguna terdaftar melalui ekosistem digital paling lengkap. Saat ini, LinkAja memliki lebih dari 1,5 juta merchant lokal, lebih dari 400 ribu merchant nasional, 30 moda transportasi, lebih dari 790 pasar tradisional, dan lebih dari 13 ribu online marketplace.

LinkAja juga telah dapat digunakan untuk melakukan transfer ke semua rekening bank, melakukan pembayaran berbagai kebutuhan sehari hari seperti pulsa, listrik, dan tagihan lainnya, iuran BPJS, hingga pembelian berbagai layanan keuangan seperti produk reksadana dan asuransi mikro.

Selain itu, LinkAja juga dapat digunakan di lebih dari satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo, yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital. 

Baca juga: LinkAja Syariah perluas digitalisasi

Baca juga: LinkAja hadirkan solusi pembayaran di IPB

Baca juga: LinkAja platform keuangan digital pilihan utama peserta Kartu Prakerja


 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022