diharapkan dengan banyak vaksinasi ini mudah-mudahan ekonomi kita ini kembali normal
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pemerintah sangat penting melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak terutama pelaku usaha, dalam pemberian vaksinasi booster.

Pernyataan Teten dikemukakan saat Kementerian Koperasi dan UKM bersama Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan (Hippindo), Uniqlo, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan vaksinasi booster bagi masyarakat mulai 7 hingga 11 Maret 2022, terutama untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebanyak lebih dari 500 dosis vaksin.

"Pelaku usaha ini (UMKM) yang menggerakkan ekonomi, juga berpotensi ditularkan dan menularkan (COVID-19). Sehingga, diharapkan dengan banyak vaksinasi ini mudah-mudahan ekonomi kita ini kembali normal," ujarnya di Gedung Smesco, Jakarta, Senin.

Menurut dia, Indonesia termasuk dalam lima negara yang sukses melakukan vaksinasi. Meskipun pandemi COVID-19, ekonomi Indonesia dianggap tak terlalu buruk terdampak bencana wabah tersebut.

“(Ini) menjadi bukti bahwa Indonesia bisa recovery (pulih) lebih cepat. Hal itu juga berkat dukungan kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan bisnis, kebijakan fiskal dan mikroprudensial yang tepat,” kata Teten.

Pada tahun ini, diperkirakan wabah COVID-19 dapat segera selesai dan kehidupan berjalan kembali normal karena perubahan dari pandemi menuju endemi.

Jika berubah menjadi endemi, lanjut Menkop, menandakan masyarakat mampu hidup berdampingan dengan virus tersebut. Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat termasuk pelaku UMKM terus menjaga protokol kesehatan.

"Kuncinya tetap sehat, stamina dijaga, serta kelengkapan fasilitas kesehatan harus terus tersedia," ucap dia.

Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah menyatakan bahwa pihaknya sangat memberikan perhatian kepada pelaku UMKM untuk diberikan vaksinasi booster sebagaimana kebijakan pemerintah.

"Hippindo akan melakukan semua upaya, agar karyawan, supplier, UMKM dan ekosistemnya bisa semua divaksin. Kami berapa upaya ini semakin mempercepat berakhirnya pandemi COVID-19," harap dia.

Baca juga: Hipmi jemput bola 50 ribu vaksin untuk masyarakat pesisir dan UMKM
Baca juga: 168 pelaku UMKM di Cengkareng ikut program vaksinasi massal
Baca juga: DKI, Hippindo dan Tokopedia buka sentra vaksinasi UMKM


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022