Calon jamaah haji Bener Meriah yang belum menerima vaksin ketiga tinggal 14 orang atau 10 persen lagi
Banda Aceh (ANTARA) - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Ilham Abdi menyatakan 90 persen calon jamaah haji dari daerah itu saat ini telah menerima vaksinasi dosis ketiga sebagai penguat.

"Calon jamaah haji Bener Meriah yang belum menerima vaksin ketiga tinggal 14 orang atau 10 persen lagi. Ini belum dilakukan vaksinasi karena yang bersangkutan masih berhalangan dan kurang sehat, Insya Allah dalam waktu dekat akan selesai seluruhnya," kata Ilham Abdi di Redelong, Bener Meriah, Senin.

Ia menjelaskan dari 144 orang calon jemaah haji daerah itu yang telah terdaftar, sebanyak130 orang di antaranya telah menerima vaksinasi dosis ketiga (booster).

Baca juga: Warga Aceh terinfeksi COVID-19 bertambah 129 orang

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bener Meriah, Gazali mengatakan pemberian vaksin dosis ketiga terhadap calon jamaah haji adalah dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Sekjen Kementerian Kesehatan RI.

Menurut dia, vaksinasi booster tersebut merujuk pada Surat Edaran Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI Nomor HK.02.02/III/3550/2022 tentang pelaksanaan pemeriksaan, pembinaan kesehatan, dan pemberian vaksinasi bagi jemaah haji tahun 2022, serta berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh No.443.01/421/II/2022 tanggal 9 Februari 2022 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Haji di Kabupaten/kota Tahun 2022.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Banda Aceh capai 113 persen

Ia mengatakan pemerintah pusat bersama pemerintah kabupaten/kota di seluruh Indonesia saat ini memang tengah melakukan percepatan vaksinasi dosis ketiga, termasuk bagi para calon jamaah haji.

“Kita berharap dengan pemberian vaksinasi dosis lengkap atau hingga dosis ketiga, para calon jamaah haji nantinya dapat terhindar dari penyebaran COVID-19 saat berada di Tanah Suci hingga kembali ke Tanah Air,” katanya..

Baca juga: Lima unit rumah warga di Aceh Jaya tertimpa pohon

Baca juga: Tiga nelayan Aceh yang tenggelam di Pulau Babi selamat


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022