AsiaNet 46128

HO CHI MINH CITY, 31 Agustus 2011 (ANTARA/PRNewswire-Asia-AsiaNet) --

     Sementara Eropa dan Amerika Serikat mengalami penurunan dan pasar modal semakin anjlok, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tampaknya akan bekerja lebih keras dan tetap menjaga kemakmurannya. Produsen peralatan rumah tangga di China dan Jepang optimis terhadap prospek di wilayahnya, sebagaimana dibuktikan oleh investasi dan akuisisi berkelanjutan.

     Pada konferensi peluncuran produk baru yang diselenggarakan oleh Grup Midea Living Appliances di Vietnam pada tanggal 28 Juni 2011, Midea mengumumkan investasi sebesar US$40 juta guna membangun perusahaan produksi ketiganya untuk pasar ASEAN, sebagai bagian dari rencana pengembangan strategis perusahaan di wilayah tersebut. Satu bulan kemudian, pada tanggal 28 Juli, Haier, produsen besar peralatan rumah tangga China lainnya, mengumumkan investasi utama untuk mengakuisisi bisnis Sanyo Electric untuk mesin cuci, kulkas, dan peralatan rumah tangga lainnya di Jepang dan negara-negara ASEAN.

     Seorang eksekutif manajemen menengah produsen peralatan rumah tangga Jepang menunjukkan bahwa hal ini bukanlah suatu kebetulan. Beliau menjelaskan lebih lanjut, "Ini merupakan tanda bahwa perusahaan peralatan rumah tangga secara kolektif melihat prospek yang baik di pasar ASEAN, dan memulai tahap baru perluasan ke luar negeri."

     Beliau berpendapat bahwa berbagai aktivitas yang dilakukan oleh produsen peralatan rumah tangga China menunjukkan mulainya tahap lain dari perubahan di pasar ASEAN.

     Melihat permasalahan ini lebih dekat lagi - mengapa produsen di China fokus pada tingkat pasar ASEAN? "Salah satu alasannya yaitu keuntungan geografis wilayah. Selain itu, sebagian besar merek China yang masuk ke pasar telah membentuk identitas merk mereka sendiri. Hal ini berbeda dengan cara produsen pada umumnya yang melakukan upaya melalui outsourcing: Mereka biasanya hanya berpartisipasi pada proses produksi dan perdagangan. Hal tersebut adalah cara yang biasanya dilakukan oleh merek-merek Eropa, Amerika, dan Jepang. Merek China adalah pelopor bagi tren baru pada tataran global: mereka membangun jaringan komprehensif mereka sendiri, yang meliputi pengawasan terhadap aspek produksi dan pemberian nama merek," ungkapnya, sebelum lebih jauh menambahkan," Sementara itu, dalam hal jalur masuk untuk merek, wilayah ASEAN sudah tidak diragukan lagi untuk produsen peralatan rumah tangga China untuk menunjukkan kapasitas mereka, sebelum bergerak masuk ke globalisasi dengan upaya penuh mereka.

     Selain memperluas kapasitas, merek peralatan rumah tangga China akan terus memberikan perhatian untuk membangun jaringan mereka sendiri di pasar ASEAN. Jaringan yang dikelola sendiri oleh produsen alat rumah tangga terkemuka di China, Grup Midea Living Appliances, sepenuhnya telah dikembangkan dan dikerjakan. Usaha patungan penjualan perusahan ASEAN dengan klien terkemuka di Vietnam telah terdaftar dengan otoritas penting, dan akan dibuka secara resmi untuk bisnis pada bulan September. Jaringan penjualan ini mencakup seluruh provinsi dan kota di Vietnam, membuka jalan agar memudahkan pengaturan jaringan dan lokalisasi sumber daya manusia di negara tersebut. Dalam pasar utama ASEAN lainnya, Midea telah memperluas jaringan penjualannya melalui kerjasama dengan pelaku setempat.

SUMBER: Midea

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011