Agadez, Niger (ANTARA News/AFP) - Satu konvoi besar militer dari Libya tiba di kota Agadez, Niger utara Senin malam, kata satu sumber militer kepada AFP, sementara rezim baru Tripoli mengonfirmasikan berita itu dan mengatakan ada 200 mobil.

"Saya melihat satu konvoi yang besar dan jarang terjadi banyak kendaraan memasuki Agadez dari Arlit... dan menuju arah Niamey," kata sumber itu di tengah-tengah spekulasi bahwa pemimpin Libya yang digulingkan Muamar Gaddafi kemungkinan ikut dalam konvoi itu.

"Ada rumor-rumor bahwa Gaddafi atau salah seorang putranya ikut dalam konvoi itu," kata sumber tersebut.

Kepemimpinan baru di Tripoli, Selasa mengatakan bahwa satu konvoi sekitar 200 mobil melintas dari Libya memasuki Niger, tanpa dapat mengonfirmasikan apakah rombongan Gaddafi itu ada dalam konvoi itu.

"Kami dapat mengonfirmasikan bahwa sekitar 200 mobil melintas dari Libya memasuki Niger, tetapi kami tidak dapat mengonfirmasikan siapa yang ikut dalam konvoi ini," kata Jajal al Gallal, juru bicara Dewan Transisi Nasional (NTC) di ibu kota Libya kepada AFP.

Akan tetepi ia menambahkan tipe-tipe konvoi ini biasanya membawa Gaddafi atau seorang putranya."

Seorang wartawan dari stasiun radio swasta di Agadez mengatakan ia melihat "satu konvoi ppuluhan kendaraan melintasi kota itu dan menunju arah Niamey", ibu kota Niger.

Wartawan itu mengatakan beberapa orang melaporkan mereka melihat konvoi Rhissa Ag Boula, seorang tokoh pemberontak Tuareg di Niger yang dekat dengan Gaddafi.

Satu sumber lain Niger sebelumnya mengatakan para pejabat penting rezim itu lari melintas perbatasan itu, Ahad.

Mereka termasuk ketua keamanan dalam negeri Mansour Daw yang sebelumnya dilaporkan berada di pangkalan pasukan yang setia pada Gaddafi di Bani Walid dengan paling tidak dua putra mantan orang kuat itu.

(Uu.H-RN/B002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011