... Mendapat ijin membangun bandar udara baru sulit sekali, sehingga langkah membeli Bandar Udara Tropical ini bisa jadi terobosan...
Sumbawa Barat, NTB (ANTARA News) - Pemerintah Sumbawa Barat, NTB, kini mulai menjajaki untuk membeli Bandara Tropical, milik seorang pengusaha hotel dan restoran setempat yang terletak di Kecamatan Sekongkang.

"Bupati telah memerintahkan tim penilai pembelian bekerja cepat dan segera menyelesaikan proses negosasi dengan pengusaha dimaksud," kata seorang pejabat kabupaten itu, Taufikkurahman, kepada wartawan.

Tiga tahun terakhir bandar udara milik swasta itu tidak aktif beroperasi. Akhirnya Pemimpin Puncak PT Tropical Air Strip, Wahyuni,  menawarkan bandar udara itu kepada pemerintah kabupaten.

Bandar udara itu masih berstatus bendara khusus untuk penerbangan jarak pendek, biasanya rute Mataram dan Denpasar. Sesuai ijin operasinya, bandara itu melayani pendaratan pesawat terbang kecil yang biasa dipakai menerbangkan wisatawan domestik para wisatawan asing.

Bupati Sumbawa Barat, Zulkili Muhadli, dilaporkan mengunjungi lokasi bandara yang berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat ibu kota Taliwang tersebut. Mendapat ijin membangun bandar udara baru sulit sekali, sehingga langkah membeli Bandar Udara Tropical ini bisa jadi terobosan.

Untuk memuluskan upaya itu, pemerintah setempat telah membangun jalan penghubung antara Kecamatan maluk dan Sekongkang sepanjang 5 kilometer. Pengoperasian jalan itu mempermudah jalur transportasi yang sebelumnya harus melalui kawasan cagar alam dengan tofografi yang amat sulit. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011