Logrono (ANTARA News/AFP) - Spanyol merayakan kemenangan 6-0 yang luar biasa, setelah mengalahkan Liechtenstein dan dinyatakan lolos ke final Euro 2012 pada Selasa waktu setempat.

Alvaro Negredo dan David Villa masing-masing mencetak dua gol bersama Xavi Hernandez dan Sergio Ramos yang masing-masing mencetak satu gol untuk memeriahkan pertandingan yang digelar di stadion Las Gaunas, Logrono, Spanyol bagian utara.

Setelah enam kali kemenangan dalam enam pertandingan, menghasilkan bukti bahwa Spanyol memang memiliki kualitas untuk bisa mempertahankan gelar juara kontinentalnya di Polandia dan Ukraina dengan dua pertandingan yang masih dapat mereka taklukan.

Pada awal pertandingan, Spanyol mendapatkan kendala untuk dapat memasuki pertahanan Liechtenstein. Namun pertahanan sang lawan akhirnya goyah dan gol pun dapat dilakukan secara tajam dan cepat.

Negredo sebagai pembuka panen gol tersebut dengan memberikan gol di menit ke-33 dan dalam waktu singkat diikuti dengan gol kedua yang juga diberikan olehnya.

Xavi Hernandez menyumbangkan goal ketiga di menit ke-44 lewat tendangan bebas yang melengkung sepanjang tembok dan masuk ke dalam gawang, membuat kiper Peter Jehle terdiam di tempat dan tampak seperti seorang penonton.

Ini adalah cara yang menyenangkan untuk merayakan Xavi sebagai kapten ke 103 tim nasional Spanyol, mengalahkan rekor Raul Gonzales sebagai kapten sebelumnya.

Sergio Ramos memberikan gol keempat di menit ke-52, sementara Villa memuncakkan kemenangan dengan memberikan dua gol, masing-masing di menit ke-59 dan ke-78.

Liechtenstein yang tampak kewalahan pada saat serangan balik diberikan, terutama pada saat pemain sayap kanan Marco Ritzberger mencari Nicolas Hasler.

Ritzberger memberikan gol yang memuaskan di menit ke-11, namun sangat disayangkan gol tersebut pada akhirnya dianulir.

"Ini membuat kami cemas untuk dapat melalui pertandingan hingga menit ke-30. Dalam teorinya, membuat pertandingan seri itu mudah, namun sebenarnya sulit," pelatih tim Spanyol Vicente del Bosque mengungkapkan setelah pertandingan.

Penyerang dari tim Spanyol David Villa menyetujui bahwa pada awalnya Spanyol bermain sedikit lemah.

"Kami memiliki masalah besar pada separuh babak pertama. Namun setelah kami menemukan cara untuk menembus pertahanan, babak pertama jadi baik-baik saja," ujar Villa.

"Sekarang kami harus memikirkan persiapan untuk kejuaraan Euro nanti, termasuk keuntungan di babak kualifikasi yang sudah kami lewati. Saya rasa sangat penting bila kami melewati babak kualifikasi dengan cepat."

" Spanyol, Belanda dan Jerman adalah tiga besar pada saat World Cup. Ada beberapa tim yang belum bangkit kembali seperti Inggris, Perancis ataupun Italia. Ada sekitar tujuh atau delapan tim yang mungkin dapat menjadi juara Eropa," tambah Del Bosque saat ditanya tentang saingan Spanyol di EURO 2012.

Del Bosque mengatakan bahwa tidak ada masalah dalam pembaharuan kontraknya sebagai pelatih, setelah pembicaraannya dengan presiden federasi Spanyol Angel Maria Villa dan Sekretaris Jendral Jorge Peres.

"Semuanya sudah diselesaikan," ia berkata menambahkan bahwa masih ada banyak waktu untuk bisa memutuskan sebelum kejuaraan Eropa berlangsung.

(SDP-02/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011