Jakarta (ANTARA) - Anak usaha PT Pupuk Indonesia PT Rekayasa Industri (Rekind) mendukung gerakan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster bagi karyawan dan masyarakat sekitar dalam upaya mencegah penularan virus khususnya di wilayah lingkungan kerja.

Direktur Utama Rekind Triyani Utaminingsih dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa, menyambut baik kegiatan vaksinasi booster yang diselenggarakan bersama dengan kepolisian dan aparatur pemerintah daerah.

“Kami sangat mendukung sekali kegiatan ini. Fokus perhatian yang dikembangkan dalam sinergi ini tidak hanya menyangkut masalah keamanan dan sosial di seputar kantor pusat Rekind yang kebetulan berada di lingkungan Kelurahan Kalibata, tetapi juga berpijak pada upaya untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi booster, sehingga penyebaran COVID-19 dan Omicron di masyarakat benar-benar dapat ditekan. Ini juga merupakan bentuk dukungan kami agar wilayah Kalibata, tingkat vaksinasi boosternya bisa mencapai angka 70 persen,” kata Triyani Utamingsih.

Dalam menjalankan kegiatan ini Rekind bersinergi dengan Polsek Pancoran, yang secara struktur berada di bawah Polres Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya. Dukungan yang diberikan aparat kepolisian pada Rekind berupa vaksin jenis Astrazeneca dan Pfizer beserta tim medis, dibantu juga oleh petugas dari Kelurahan Kalibata.

Langkah ini sangat sejalan dengan misi Rekind yang terus berupaya meminimalkan angka penyebaran COVID-19 terutama di lingkungan kerja.

Tercatat sebanyak 121 peserta vaksin ikut ambil bagian dalam kegiatan yang digelar di Home Office (HO) Rekind, Jalan Kalibata Timur, Jakarta Selatan tersebut.

Menurut Triyani, vaksinasi booster sangat strategis dan penting untuk dilakukan mengingat jumlah terkonfirmasi positif, khususnya di lingkungan perusahaan dan pekerja proyek, cukup banyak. Namun berkat upaya, langkah dan dukungan semua pihak, angka kesembuhannya juga meningkat drastis.

Baca juga: Presiden imbau kawasan industri tak segan minta tambah vaksin penguat

“Mudah-mudahan melalui kegiatan vaksinasi booster ini dapat membantu meningkatkan imunitas karyawan Rekind dan masyarakat. Sehingga aktivitas bisa berjalan normal dan memulihkan kembali laju pergerakan perekonomian bangsa,” kata Triyani.

Berbagai upaya telah dilakukan Rekind untuk bisa menekan laju penyebaran COVID-19, khususnya di lingkungan perusahaan, seperti edukasi karyawan melalui berbagai media, antigen reguler, Return To Work (RTW) Self Assesment Risiko COVID-19 bagi karyawan, tracing, dan pembentukan Tim Covid Ranger. Ditambah juga dengan kegiatan daily self assesment, vaksinasi BUMN, vaksinasi gotong royong, bantuan obat obatan bagi karyawan dan keluarganya yang terkonfirmasi positif COVID-19, regular disinfektan area kantor pusat setiap hari Sabtu, dan penerapan peduli lindungi.

Selain itu Rekind juga menerapkan protokol kesehatan bagi tamu, pengukuran suhu di gerbang masuk serta meminta hasil PCR/RDT Antigen masa berlaku dua hari.

Secara eksternal, Rekind juga aktif mengedukasi, mengajak dan memberikan kesadaran kepada masyarakat, khususnya di lingkungan Kecamatan Pancoran, tentang hidup bersih dan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan penyerahan bantuan handwasher, bantuan Alat Pelindung Diri (APD), alat semprot disinfektan, masker dan suplemen.

"Ada hikmah yang bisa kita ambil dari merebaknya Pandemi ini yaitu terjalinnya sinergi yang kuat, seperti halnya Rekind dengan aparat TNI/Polri, aparat pemerintah daerah dan masyarakat. Semoga langkah bersama ini mampu memberikan manfaat besar, khususnya bagi masyarakat dan bangsa,” kata SVP Corporate Secretary & Legal Rekind Edy Sutrisman.

Baca juga: DKI minta warga sudah miliki tiket segera ikut vaksin booster

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022