... Komodo akan semakin terkenal dan jadi momentum promosi luar biasa....
Kupang, NTT (ANTARA News) - Komodo (Varanus komodoensis) memang tidak pernah berhabitat di Sumatera Selatan apalagi di metropolitan Jakarta. Tapi reptil purba endemik NTT itu dijadikan sebagai maskot Sea Games XXVI yang akan digelar di Kompleks Olahraga Jakabaring, Sumatera Selatan, dan Jakarta.

Karena itulah Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, akan ke Jakarta untuk menyerahkan maskot komodo --dinamakan Modo-Modi-- itu kepada Presiden Susilo Yudhoyono.

"Besok, maskot komodo sebagai maskot Sea Games akan saya serahkan ke Presiden," kata Lebu Raya kepada wartawan di Kupang, Kamis.

Penyerahan maskot tersebut akan dilakukan Gubernur NTT bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng pada puncak Hari Olahraga Nasional, Jumat (9/9).

"Komodo akan semakin terkenal dan jadi momentum promosi luar biasa. Saya berterima kasih sekali kepada pemerintah dan presiden yang percayakan komodo sebagai maskot Sea Games," kata Lebu Raya.

Pemerintah telah meluncurkan maskot Sea Games pada 25 April 2011 lalu di Taman Mini Indonesia Indah. Komodo Modo-Modi sebagai maskot resmi Sea Games yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

SEA Games 2011 akan dilaksanakan pada 11-25 November diikuti ribuan atlet dari 11 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina dan Timor Timur (Timor Leste). Total cabang olahraga yang dipertandingkan dan diperlombakan atau eksebisi sebanyak 43 cabang.

Dari sisi kepentingan Provinsi NTT, Lebu Raya menyatakan, "Kita berharap momentum ini bisa menjadi peluang bagi NTT dalam bidang pariwisata."

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTT, Abraham Klakik, secara terpisah di Kupang mengatakan, Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata segera mengkampanyekan komodo sebagai salah satu keajaiban dunia di dua benua yaitu Australia dan Amerika Serikat.

"Walupun telah ditarik sebagai salah satu finalis news7wonders, namun Indonesia tetap mengkampanyekan komodo sebagai keajaiban dunia," kata Abraham.

Sesuai agenda Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, menurut dia, kampanye komodo akan dilaksanakan 9 September 2011 di Sidney, Australia, dan pada 22-24 September 2011 akan dilakukan di Chicago-Amerika Serikat, dengan tema kegiatan The Real Wonder of The World.

Menurut dia, cita-cita menjadikan Taman Nasional Komodo (TNK) sebagai New7Wonders of Nature (NW7N) berakhir antiklimaks, karena pemerintah menarik TNK sebagai finalis pemilihan tujuh keajaiban alam terbaru.

Penarikan ini karena pihak penyelenggara dianggap tidak profesional, kredibel, konsisten dan transparan, serta tidak memiliki kredibilitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

Meski telah mengundurkan diri dari kompetisi New7Wonders, Taman Nasional Komodo tetap diakui dunia sebagai warisan dunia.

"Sejak tahun 1991 sudah mendapatkan status World Heritage yang keberadaannya telah diakui oleh masyarakat dunia melalui lembaga resmi yang kredibel yaitu UNESCO," kata Abraham. (ANT-295)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011