Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Raden Terry Tantri Wulansari yang juga dikenal sebagai penyanyi Mulan Jameela mengungkap pentingnya memperingati Hari Musik Nasional sebagai bentuk apresiasi terhadap karya musik.

Hari Musik Nasional (HMN) diperingati pada 9 Maret setiap tahunnya. Penetapan tersebut dipilih berdasarkan tanggal lahir dari komponis besar Indonesia W.R Supratman meski kemudian diketahui tanggal lahir yang sebenarnya adalah 19 Maret 1903.

Mulan mengatakan bahwa Hari Musik Nasional merupakan apresiasi dari negara sebagai bentuk penghormatan terhadap musik yang merupakan bagian dari budaya dan juga para musisinya.

"Ini merupakan apresiasi negara terhadap musik terutama musik Indonesia dan itu dapat meningkatkan adrenalin bagi kami para musisi untuk terus berkarya," ujar Mulan saat dihubungi ANTARA, Rabu.

Baca juga: Hari Musik Nasional, DJKI dukung peningkatan kesejahteraan musisi

Menurut Mulan, musik tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Selain itu, musik merupakan bahasa universal yang dapat menyatukan segala macam perbedaan.

"Sangat penting untuk memperingati Hari Musik Nasional, karena musik itu adalah bagian dari keseharian masyarakat semua di berbagai elemen kehidupan. Musik dapat menyatukan perbedaan, apapun itu," kata Anggota DPR RI Komisi VII itu.

Industri musik pada saat ini sudah jauh lebih berkembang dibanding 10 tahun lalu. Oleh karenanya, menurut Mulan adanya kepastian tentang hak cipta dan regulasinya adalah yang dibutuhkan oleh industri musik.

"Kerjasama dan support penuh dari pemerintah juga diperlukan agar industri musik Indonesia dapat lebih diterima di kancah internasional karena menurut saya musik Indonesia tidak kalah keren dibanding negara-negara lain," ujar istri Ahmad Dhani itu.

Mulan juga mengatakan di era digital ini, masyarakat semakin dimudahkan untuk mengakses musik dari segala penjuru dunia. Namun, dia meminta agar masyarakat dapat terus mendengarkan dan mengapresiasi karya dari musisi dalam negeri.

"Mungkin saya hanya ingin mempertebal semangat para penikmat musik untuk terlebih dahulu menikmati karya musik anak negeri sebelum dari negara lain," kata Mulan.

Mulan berharap industri musik Indonesia bisa semakin maju, kreatif, berkualitas dan mendapat dukungan 100 persen dari pemerintah Republik Indonesia agar masuk ke kancah internasional.

"Selamat Hari Musik Nasional," ujar Mulan.

Baca juga: Mulan Jameela doakan Rachel Maryam lekas pulih

Baca juga: Mulan Jameela berharap warga Jakarta lebih solid

Baca juga: Mulan Jameela grogi dilantik jadi anggota DPR

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022