Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi peran buruh membantu percepatan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga (booster) sehingga bisa melindungi buruh dalam bekerja maksimal saat pandemi.

Menurut Sigit, buruh sebagai tulang punggung penyumbang devisa negara perlu dipastikan kondisi kesehatannya agar tidak terpapar COVID-19, utamanya varian Omicron yang cepat penyebarannya.

"Oleh karena itu penting sekali memastikan seluruh rekan-rekan buruh dalam kondisi optimal dan sehat, salah satunya karena saat ini kita sedang menghadapi varian Omicron,” kata Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kapolri mencanangkan pelayanan vaksinasi penguat bagi buruh

Sigit meninjau langsung pelaksanaan percepatan vaksinasi dosis ketiga atau booster untuk elemen buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) di PT Fajar Surya Wisesa, Bekasi, Jawa Barat.

Percepatan vaksinasi dosis ketiga untuk kalangan buruh berlangsung serentak pada 5.183 titik di 34 provinsi di Indonesia.

“Dalam satu minggu ini buruh akan membantu menghabiskan 25 ribu vaksin booster. Untuk itu, kepolisian menyampaikan apresiasi," kata Sigit.

Ia menjelaskan kesehatan para buruh harus dioptimalkan guna menghadapi perkembangan situasi global yang belakangan ini mengalami peningkatan sejumlah harga komoditas.

Baca juga: Kapolri imbau masyarakat dukung pemerintah ubah pandemi jadi endemi

Untuk meminimalisir risiko dari gangguan yang ada, katanya, maka hal tersebut harus dijawab dengan meningkatkan nilai ekspor dari dalam negeri. Dengan begitu, tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah pandemi COVID-19 akan terus membaik.

“Tingkatkan produktivitas kerja kita sehingga kebutuhan dalam negeri bisa kita cukupi dari hasil kerja rekan-rekan buruh,” kata mantan Kapolda Banten itu.

Menurut dia, jika buruh tetap bekerja maksimal maka akan meningkatkan nilai ekspor dalam negeri yang ke depannya akan menambah jumlah devisa negara.

“Tentunya ini perlu kerja keras kita semua,” kata Sigit.

Baca juga: Kapolri ajak semua pihak di Pidie maksimalkan sosialisasi vaksinasi

Sigit menegaskan vaksinasi booster merupakan salah satu upaya terbaik untuk memastikan elemen buruh dalam kondisi sehat guna menghadapi segala bentuk varian virus SARS-CoV-2.

Dengan mendapatkan vaksinasi dosis ketiga, ujar dia, maka akan memberikan tambahan kekebalan atau imunitas seseorang dari virus COVID-19. Tak hanya itu, booster mengurangi tingkat fatalitas seseorang yang terpapar.

"Dengan demikian produktivitas rekan-rekan buruh tetap terjaga. Kuncinya adalah bagaimana seluruh rekan-rekan buruh, utamanya bisa mendapatkan vaksin yang ketiga atau booster sehingga kita siap menghadapi perkembangan varian baru Omicron," tutur Sigit.

Selain meninjau pelaksanaan vaksin booster di Kabupaten Bekasi, Kapolri memberikan pengarahan kepada seluruh wilayah terkait penanganan dan pengendalian pandemi COVID-19 secara virtual.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022