Jakarta (ANTARA) - Kantor Staf Presiden (KSP) menyatakan sudah memastikan kesiapan seluruh fasilitas pendukung di Sirkuit Internasional Mandalka untuk menjamin kelancaran MotoGP Mandalika Indonesia pada 18-20 Maret 2022, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"MotoGP ini adalah awal saja, kita manfaatkan proses persiapan-nya secara strategis untuk jangka panjang juga bagi pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika,” kata Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian melalui keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut Helson, KSP mengirim tim tenaga profesional untuk memastikan dan mengawal kelancaran fasilitas pendukung MotoGP Mandalika 2022. Pemerintah melalui KSP, kata Helson, ingin mengawal agar ajang bergengsi internasional yang berpotensi besar membangkitkan pariwisata Indonesia ini berjalan lancar.

Ia menyebutkan KSP telah memastikan kesiapan fasilitas transportasi pendukung di Terminal Gilimas dan Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, untuk menyambut penonton MotoGP Mandalika.

Baca juga: Milenial: Erick Thohir berperan penting promosikan MotoGP Mandalika

Baca juga: Mandalika berpotensi gelar ajang olahraga internasional selain MotoGP


Untuk mendukung transportasi antara pulau, terutama dari Pulau Bali dan Pulau Jawa, kata Helson, Pelabuhan Lembar akan mengerahkan 48 unit kapal penyeberangan atau dua kali lipat jumlah pelayanan dari waktu reguler.

Selain itu, ujar dia, KSP juga menggelar rapat koordinasi bersama pemerintah daerah, kementerian/lembaga untuk memastikan pengendalian banjir, kelancaran drainase, ketersediaan listrik, kesiapan jaringan telekomunikasi, serta kesiapan akomodasi pendukung seperti desa wisata, paket wisata, dan juga keterlibatan pelaku ekonomi kreatif lokal.

"Beberapa hal yang juga menjadi perhatian termasuk strategi mobilisasi saat hari-H perlombaan agar tidak terjadi penumpukan massa, perkembangan pelebaran akses jalan Kuta-Keruak menuju Sirkuit Mandalika dan penataan rumah-rumah kumuh," tambah Helson.

Sementara itu, ujar Helson, untuk pekerjaan pengaspalan ulang sirkuit yang bermasalah pada pra-musim dipastikan akan tuntas hari ini.

"Ini acara besar pertama yang diselenggarakan dalam masa pandemi, maka harus tetap profesional dan penuh kehati-hatian," tutur Helson.

Sirkuit Mandalika sebelumnya digunakan untuk menggelar World Super Bike (WSBK) pada 2021.

Ke depannya, Sirkuit Mandalika akan menggelar tiga hari seri MotoGP, Moto2, dan Moto3, kemudian Asia Talent Cup pada 19 Maret dan 20 Maret 2022.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022