Rismawati bisa berprestasi dan media mengangkatnya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta para penyandang disabilitas di tanah air untuk tetap percaya diri seperti petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara bernama Rismawati (23). 

"Rismawati bisa berprestasi dan media mengangkatnya. Meski dia tunarungu dan tunawicara, tetapi bisa berprestasi dan berkarya sama dengan saudara-saudaranya yang lain yang normal. Kita harus tahu bahwa Tuhan itu sangat adil, karena itu saudara-saudara kami yang disabilitas jangan pernah merasa untuk kurang," kata Risma saat ditemui wartawan di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu.

Sebelumnya, penyandang tunarungu dan tunawicara Rismawati mendadak jadi sorotan karena mampu melewati tes tulis dan praktik hingga kembali diangkat sebagai PPSU Ancol mengalahkan nilai rata-rata saingannya yang normal.

Menurut Risma, dalam kondisi keterbatasan yang dimiliki Rismawati, dia masih bisa lulus tes kembali sebagai PPSU Kelurahan Ancol.

Baca juga: Anies ingin transportasi umum jangkau warga disabilitas

"Mereka yang disabilitas ternyata mempunyai semangat yang luar biasa, bahkan bisa mengejar semua ketertinggalannya dibanding yang normal," kata Risma.

Risma menilai peran media massa di sini adalah sebagai penyemangat bagi para penyandang disabilitas lain untuk bisa berprestasi seperti Rismawati.

"Kami punya banyak contoh sekali anak anak kami yang disabilitas. Harus kita 'support', kita harus menerima mereka dalam kondisi seberat apapun dan yang paling penting adalah, saya terima kasih kepada teman-teman media yang bagi kami adalah penyemangat," kata Risma.

Ia meminta media massa mengangkat lebih banyak sosok penyandang disabilitas lain di Indonesia, agar kelak mengubah persepsi di masyarakat bahwa tidak ada masalah menjadi seorang penyandang disabilitas di negara ini. 

Baca juga: DKI targetkan pemenuhan inklusif penyandang disabilitas

"Jadi, karena itu, sekali lagi terima kasih kepada teman-teman media, terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung saudara-saudara kita yang disabilitas karena kelebihan mereka yang perlu kita tonjolkan," tutup Risma.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022