Kami menyambut dengan suka cita karena FIBA Asia Cup 2022 bisa akan lebih meriah dengan hadirnya penonton
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) menyambut baik regulasi pemerintah yang mengizinkan seluruh pertandingan olahraga di wilayah PPKM level 1-3 bisa dihadiri penonton.

Sekretaris Jenderal Perbasi Nirmala Dewi menyatakan bahwa langkah tersebut merupakan awal yang positif untuk menggairahkan lagi kejuaraan bola basket apalagi tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta, 12-24 Juli nanti.

Setahun kemudian, giliran FIBA World Cup 2023 yang juga akan berlangsung di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca juga: IBL tetap akan batasi kehadiran penonton hanya 25 persen

“Kami menyambut baik regulasi baru yang dikeluarkan pemerintah. Harapannya akan semakin banyak penikmat pertandingan-pertandingan olahraga yang mau nonton langsung untuk segera melakukan booster sehingga program pemerintah mewujudkan herd immunity semakin cepat capaiannya terutama di kalangan pencinta olahraga khususnya bola basket," ungkap Nirmala dalam siaran pers Perbasi dikutip Rabu.

“Kami menyambut dengan suka cita karena FIBA Asia Cup 2022 bisa akan lebih meriah dengan hadirnya penonton," tambah dia.

Kepastian kegiatan olahraga di Indonesia boleh dihadiri penonton diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers hasil rapat terbatas evaluasi PPKM secara daring Senin (7/3).

Luhur menuturkan, penonton yang hadir harus sudah menerima vaksin penguat atau booster.

Meski boleh dihadiri penonton, pembatasan jumlah penonton tetap diberlakukan sesuai dengan level PPKM di daerah tersebut.

Pertandingan olahraga yang digelar di wilayah PPKM level 4 hanya bisa dihadiri 25 persen penonton, Level 3 sebanyak 50 persen penonton, Level 2 bisa 75 persen penonton, dan Level 1 100 persen.

Dalam kesempatan itu juga ditetapkan bahwa pelaku perjalanan domestik yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua dan lengkap tidak perlu membawa hasil negatif COVID-19 untuk naik semua alat transportasi.

Baca juga: PSSI: uji coba penonton terbatas diterapkan di delapan besar Liga 2
Baca juga: Polda Metro-PSSI segera bahas persiapan pertandingan dihadiri penonton


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022