Washington (ANTARA) - Rusia dan Belarusia nyaris gagal bayar (default) karena sanksi besar-besaran yang dijatuhkan terhadap ekonomi mereka oleh Amerika Serikat dan sekutunya atas perang di Ukraina, kata kepala ekonom Bank Dunia, Carmen Reinhart, kepada Reuters.

Kekhawatiran Rusia yang gagal membayar obligasi eksternal senilai 40 miliar dolar AS - default besar pertama sejak tahun-tahun setelah revolusi Bolshevik 1917 - telah membayangi pasar sejak serangkaian sanksi dan tindakan balasan oleh Moskow sebagian besar telah membuat negara itu keluar dari pasar keuangan global.

"Baik Rusia maupun Belarusia berada di wilayah default," kata Reinhart dalam sebuah wawancara. "Mereka belum dinilai oleh agensi sebagai default selektif, tapi sangat dekat."

Fitch pada Selasa (8/3/2022) menurunkan peringkat utang Rusia dengan enam tingkat lebih jauh ke wilayah sampah menjadi "C" dari "B," mengatakan default akan segera terjadi karena sanksi dan pembatasan perdagangan telah merusak kesediaannya untuk membayar utang.

Reinhart mengatakan dampak sektor keuangan sejauh ini terbatas, tetapi risiko dapat muncul jika lembaga-lembaga keuangan Eropa lebih terekspos pada utang Rusia daripada yang diperkirakan.

Sekitar setengah dari obligasi mata uang keras Rusia dipegang oleh investor asing dan Moskow harus membayar 107 juta dolar AS dalam pembayaran kupon untuk dua obligasi pada 16 Maret. Perusahaan-perusahaan Rusia hanya memiliki kurang dari 100 miliar dolar AS obligasi internasional yang beredar.

Bank-bank asing memiliki eksposur lebih dari 121 miliar dolar AS ke Rusia dengan sebagian besar terkonsentrasi di pemberi pinjaman Eropa, menurut data dari Bank of International Settlements.

"Saya khawatir tentang apa yang tidak saya lihat," kata Reinhart. "Lembaga-lembaga keuangan memiliki kapitalisasi yang baik, tetapi neraca seringkali buram ... Ada masalah default sektor swasta Rusia. Seseorang tidak bisa berpuas diri."

China juga dengan cepat memperluas pinjamannya ke Rusia setelah pencaplokan Krimea pada 2014, katanya.

Para analis mengatakan Ukraina juga akan membutuhkan keringanan utang tahun ini mengingat pengeluaran besar-besaran terkait perang dan beban utang yang berat sebesar 94,7 miliar dolar AS pada akhir 2021, meskipun negara itu telah berjanji untuk melunasi utangnya tepat waktu dan penuh.

Reinhart mengatakan masuk akal untuk mengharapkan Ukraina mencari bantuan arus kas, dan menyatakan keyakinannya bahwa kreditur akan menerima mengingat situasi saat ini. Ukraina juga bisa melewatkan pembayaran kupon yang akan datang, setidaknya selama masa tenggang, tanpa peringkat kreditnya menderita, katanya.

"Ukraina telah dan akan membuka pintu mengingat situasi keuangannya yang sangat sulit," katanya. "Kamu tidak dinyatakan default selama kamu masih dalam masa tenggang."

Utang negara Ukraina mencakup 1,6 miliar dolar AS utang kepada kreditur Paris Club, dan 4,9 miliar dolar AS kepada kreditur non-Paris Club, yang sebagian besar dipegang oleh China, menurut pakar utang.

Baca juga: Washington targetkan utang Rusia dalam sapuan sanksi terkait Ukraina
Baca juga: Indef sebut konflik Rusia-Ukraina akan menekan APBN 2022
Baca juga: Rubel Rusia jatuh ke rekor terendah di Moskow di tengah sanksi baru

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022