Bakauheni, Lampung (ANTARA News) - Antrean panjang kendaraan menuju loket pembelian karcis di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan mencapai sekitar2 kilometer.

Berdasarkan pemantauan di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu malam, menunjukkan arus kendaraan menuju loket pembelian karcis di pelabuhan itu padat merayap.

Antrean panjang kendaraan yang didominasi oleh truk sarat muatan dari berbagai kawasan di Lampung maupun tempat lainnya di Sumatera itu akan menuju Pulau Jawa dan sekitarnya melalui Pelabuhan Bakauheni.

Kendaraan lainnya baik bus maupun kendaraan roda empat terpaksa harus jalan merayap mengingat panjangnya antrean kendaraan yang akan menuju ke loket pembelian karcis.

Pemudik yang menggunakan kendaraan itu harus ekstra hati-hati mengingat sempitnya jalan serta curamnya akses jalan menuju pelabuhan tersebut.

Banyaknya kendaraan yang parkir menuju areal pelabuhan juga menjadi penghambat kendaraan yang akan melintasi jalan tersebut.

Sementara itu, ribuan kendaraan pada sepuluh hari setelah Lebaran 2011 yang akan menuju Pelabuhan Merak Banten, masih menumpuk di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan akibat minimnya kapal yang beroperasi.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu malam, nampak antrean panjang kendaraan truk, bus, pribadi dan sepeda motor menunggu giliran masuk ke dalam kapal feri.

Areal parkir terutama di Dermaga Tiga dipenuhi ribuan kendaraan terutama truk dengan sarat muatan yang mengantre untuk masuk kapal menuju Pelabuhan Merak.

Pemudik kendaraan pribadi dan sepeda motor juga terlihat memenuhi halaman parkir di dermaga itu.

Arus balik itu dari Pelabuhan Bakauheni masih terus berlangsung terutama bagi pemudik yang bekerja disektor informal.

Mereka sebelumnya telah merayakan Idul Fitri 1432 Hijriah di kampung halamannya di berbagai tempat di Lampung dan kawasan lainnya di Sumatera, dan akan kembali menjalankan aktivitas pekerjaannya di daerah lain.

Penumpang pejalan kaki dari Pelabuhan Bakauheni juga terlihat tidak seramai pemudik yang menggunakan kendaraan.

Loket penjualan karcis di pelabuhan itu menuju Pelabuhan Merak Banten tidak terlihat antrean panjang.

Sejumlah kapal feri dari Pelabuhan Merak juga nampak dipenuhi oleh pemudik pejalan kaki, kendaraan roda dua, roda empat, truk dan bus.

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Lampung, menyiapkan sebanyak 26 kapal feri pada angkutan Lebaran 2011.

(T.A054/S006)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011