Madrid (ANTARA News) - Tentara dari kapal perang Spanyol, Sabtu (10/9), menahan tujuh perompak, ketika mereka menyelamatkan seorang sandera Prancis yang dibawa dari kapal pesiarnya di Teluk Aden, kata Kementerian Pertahanan Spanyol.

"Kapal amfibi Galicia menyelamatkan seorang sandera Prancis dari perahu dengan dua lambung Suku Kat. Sandera itu ditahan sejak Kamis sore (8/9) di sebelah selatan Yaman, lalu menangkap tujuh perompak yang menahan perempuan tersebut," kata kementerian itu di dalam satu pernyataan, lapor AFP.

Patroli anti-pembajakan Uni Eropa sebelumnya melaporkan seorang sandera Prancis yang hilang dari kapal pesiarnya selama dua hari diselamatkan oleh tentara dari satu kapal perang Spanyol di Teluk Aden.

Sandera kedua berkebangsaan Prancis, katanya, tak berada di kapal perompak dan masih belum ditemukan.

Menurut pernyataan Kementerian Pertahanan Spanyol, Galicia telah mendeteksi satu sampan "yang melakukan kegiatan yang berkaitan dengan permpakan sewaktu kapal tersebut melakukan misi pengawasan di lepas pantai Somalia".

Ketika sampan itu tak mematuhi perintah agar berhenti, komandan Galicia memerintahkan anak buahnya melepaskan tembakan.

"Saat itu, diketahui bahwa mereka menahan seorang sandera di perahu, yaitu seorang perempuan," katanya.

"Kapal amfibi tersebut terus mencegat kapal perompak itu. Operasi tersebut melibatkan satu helikopter dan tim perang Angkatan laut, yang menembak mesin perahu tersebut, untuk melumpuhkannya," katanya.

Setelah baku-tembak, kapal perompak itu tenggelam dan tentara Spanyol menyelamatkan sandera tersebut.

"Setelah menyelamatkan perempuan itu, mereka kemudian menahan tujuh perompak," katanya.

Menteri Pertahanan Spanyol Carme Chacon telah memberitahu timpalannya dari Prancis Gerard Longuet mengenai kejadian tersebut, demikian pernyataan itu. (C003/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011